Kamis, 25 Juli 2013

Beranda » » Novel Kriminal J.K. Rowling Laku Keras

Novel Kriminal J.K. Rowling Laku Keras

TEMPO.CO, London - Penjualan novel kriminal The Cuckoo's Calling meroket sejak penulisnya Robert Galbraith diketahui sebagai nama samaran dari JK Rowling, penulis buku bestseller serial Harry Potter, demikian diungkapkan The Bookseller seperti dikutip situs BBC edisi 24 Juli 2013.

Menurut Nielsen BookScan, sebanyak 17.622 eksemplar novel ini terjual antara tanggal 14 sampai 20 Juli lalu atau naik dari hanya 43 eksemplar pada minggu sebelumnya. Novel ini menjadi buku paling laris minggu ini yang menyebabkan sebagian toko buku kehabisan stok.

Nama asli penulis buku tersebut terungkap dalam sebuah publikasi media, pekan lalu.  Dalam sebuah situs yang didedikasikan untuk nama samarannya, Rowling mengatakan bahwa 8.500 novel versi bahasa Inggris telah terjual dalam semua format, termasuk e-book, sebelum samarannya diketahui. Ditambahkan bahwa dirinya juga menerima dua tawaran dari perusahaan produksi televisi.

"Situasinya menjadi semakin kompleks terutama karena Robert melakukan sesuatu yang lebih baik dibandingkan yang diharapkan," ujar Rowling. "Tapi kami masih berharap untuk bisa menjaga kerahasiaan ini lebih lama. Kesuksesan Robert selama tiga bulan pertama sebagai penulis buku yang diterbitkan (dikurangi penjualan setelah diketahui bahwa sayalah penulisnya) sesungguhnya sangat bagus dibandingkan dengan kesuksesan JK Rowling sepanjang kariernya,"kata dia.

Namun, The Bookseller melaporkan bahwa buku yang terjual selama tiga bulan pertama kurang dari 500 eksemplar, sebelum pengungkapan identitas Robert Galbraith yang dilakukan oleh Sunday Times. Hanya saja kenaikan penjualan yang terjadi saat ini tidak cukup untuk mengantarkan The Cuckoo's Calling untuk menduduki posisi puncak pada 50 buku laris di UK. Novel ini hanya menduduki peringkat ketiga.

Terungkapnya identitas Rowliing bertepatan dengan rilis penjualan novel The Casual Vacancy buku resmi pertamanya setelah serial Harry Potter yang terjual sebanyak 19.548 eksemplar pada minggu yang sama sehingga menduduki posisi kedua di tangga penjualan buku laris. Sementara posisi pertama diduduki oleh John Grisham dengan The Racketeer yang mencapai penjualan 24.222 eksemplar atau turun 19 persen dibandingkan pekan sebelumnya.

BBC | ARBA'IYAH SATRIANI

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/25/219499559/Novel-Kriminal-JK-Rowling-Laku-Keras