Selasa, 24 Juni 2014

Beranda » » Ronal Surapradja Sebut Ayah Bak Wikipedia

Ronal Surapradja Sebut Ayah Bak Wikipedia

TEMPO.CO , Jakarta - Keluarga memang menjadi hal utama bagi komedian sekaligus penyiar Ronal Surapradja. Anak sulung dari tiga bersaudara ini cukup sering pulang dengan ojek agar sampai rumah lebih awal demi sempat bercengkerama dengan anaknya sebelum tidur.

Membaca buku bersama menjadi salah satu kegiatan favorit keluarga Ronal. Di waktu senggang atau sebelum tidur, di ruang keluarga, atau di tempat tidur, keluarga Ronal bisa sibuk dengan bacaannya masing-masing. Ternyata kebiasaan itu dibawanya sudah sejak kecil.

"Dari dulu, Bapak menyuruh aku baca karena itu memang membuka semuanya," kata pria yang sudah bisa membaca sejak umur sekitar 4 tahun itu kepada Tempo, Rabu 18 Juni 2014.

Lelaki yang saat ini minimal membaca tiga koran setiap hari itu mengaku sudah terbiasa membaca koran sejak sekolah dasar. Dahulu, ayahnya, Zamzam Sudrajat, selalu membawa pulang beberapa koran dari kantor tempatnya bekerja. Melihat kebiasaan sang ayah yang juga menyukai kegiatan membaca, Ronal kecil pun ikut-ikutan.

Ia kagum kepada ayahnya yang memiliki pandangan sangat luas. Dengan sang ayah, ia biasa berdiskusi dan berdebat tentang berbagai tema.

"Lo tanya apa saja, dari agama sampai politik, sejarah sampai budaya, diladenin sama bokap gue. Kalau sekarang adanya Wikipedia, bapak gue itu, Bokappedia," kata Ronal yang sangat ingin menjadi seperti ayahnya yang berpengetahuan luas.

Tapi bukan itu saja pelajaran yang didapatnya. Dari sang ayah dan ibu, ia diingatkan untuk selalu menikmati hidup. Walau hanya sebagai pegawai negeri sipil, orang tua Ronal mencoba memanjakan diri dan tidak pelit untuk diri sendiri serta keluarga. Ia pun diajarkan untuk bisa menjaga keseimbangan antara keluarga, sosial, serta pekerjaan.

"Aku belajar untuk menikmati hidup dengan kemampuan gue. Mungkin aku nggak kaya materi tapi aku kaya hati," katanya. "if it makes you happy, just do it lah. Uang bisa dicari, tapi kebahagiaan hati harus dicari juga," lanjut pria yang mengaku anti berhutang itu.

MITRA TARIGAN

Berita Lain

Harga Kopi Starbucks Naik Satu Dolar 

Pejabat Australia Temukan Lokasi Baru MH370 

Rapor APBD DKI Merah, Ahok Bela Jokowi  

Source : https://id.berita.yahoo.com/ronal-surapradja-sebut-ayah-bak-wikipedia-215149091.html