Jumat, 26 Juli 2013

Beranda » » GWK Bali Akan Kalahkan Tinggi Patung Liberty

GWK Bali Akan Kalahkan Tinggi Patung Liberty

GWK Bali Akan Kalahkan Tinggi Patung Liberty

Patung Dewa Wisnu di Mandala Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Uluwatu, Jimbaran, Bali. dok TEMPO/Usman Iskandar

TEMPO.CO, Jakarta - Garuda Wisnu Kencana akan mengalahkan patung Liberty. Tingginya mencapai 126 meter, sedangkan patung Liberty hanya 96 meter.

Pembuatan patung GWK dilakukan di NuArt Studio di kawasan Setra Duta, Sarijadi, Bandung, Jawa Barat, yang melibatkan pekerja sekitar 100 orang untuk melakukan konstruksi patung, yang dibuat dalam irisan-irisan melintang.

Setiap bagian selesai, akan langsung dikirim ke Bali menggunakan jalur transportasi darat, kemudian dirakit satu per satu menjadi patung. Pelepasan 13 truk pertama yang membawa irisan dilakukan pada 24 Juli 2013.

Sebelumnya, Nuarta sudah membuat program dalam komputer untuk mengerjakan irisan-irisan patung. Dengan begitu bisa dikerjakan oleh orang lain. Pekerja mempersiapkan bagian-bagian patung menjadi konstruksi utuh dalam waktu tiga tahun.

Menurut Nuarta, jika pembangunannya selesai, patung ini akan menjadi patung terbesar di dunia dan mengalahkan patung Liberty. Para pengunjung bisa naik menggunakan lift khusus di dalam tubuh patung GWK yang setinggi dada.

Dari ketinggian rongga GWK, para wisatawan bisa menikmati keindahan Pulau Dewata. Wisatawan juga bisa menikmati keelokan Gunung Agung di kejauhan timur laut. Lokasi pembangunan GWK yang baru terletak 300 meter di bagian selatan patung GWK sebelumnya.

Karya-karya Nuarta selain di Indonesia juga ada di Singapura, Amerika Serikat, dan Filipina. Patung hasil karyanya di Indonesia di antaranya monumen Proklamator setinggi 5 meter di Jakarta yang dibuat pada 1979, Arjuna Wijaya di Jakarta pada 1987, dan monumen Jalesveva Jayamahe di Markas Besar Angkatan Laut di Surabaya setinggi 30,6 meter.

EVIETA FADJAR

Topik Terhangat:
Bayi Kate Middleton | Front Pembela Islam | FPI | Bisnis Yusuf Mansur | Aksi Chelsea di GBK | Daging Sapi Impor

Berita Terkait
Kompolnas Mengaku Belum Ajukan Calon Kapolri
Sibuk Jadi Ajudan SBY, Putut Lalai Laporkan Harta
Calon Kapolri, Jenderal Putut Bantah ke Cikeas
Jadi Calon Kapolri, Putut Mau Fokus di Jakarta

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/26/114499972/GWK-Bali-Akan-Kalahkan-Tinggi-Patung-Liberty