Rabu, 02 Juli 2014

Beranda » » Deddy Dores: Ahmad Dhani Harus Izin Ubah Lagu Queen

Deddy Dores: Ahmad Dhani Harus Izin Ubah Lagu Queen

TEMPO.CO, Bandung - Musikus legendaris Deddy Dores menyatakan Ahmad Dhani seharusnya meminta izin kepada Queen saat hendak membuat lagu kampanye berjudul Indonesia Bangkit yang nada-nadanya mirip dengan We Will Rock You milik Queen. Lagu kampanye untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Hatta itu menuai kritik setelah muncul di YouTube.

"Secara hukum, Dhani harus minta izin, sebab hukum musik di Indonesia itu kan kalau sudah delapan not sama maka dengan melanggar undang-undang tentang pembajakan," kata Deddy Dores dalam acara diskusi kebangsaan bertajuk Strategi Memenangkan Capres Prabowo-Hatta di Bandung, Senin, 30 Juni 2014.

Deddy tak heran ketika Ahmad Dhani muncul dengan lagu yang notasinya mirip dengan lagu Queen itu. Menurut dia, Dhani suka membuat fenomena yang aneh. Termasuk membuat lagu kampanye yang mirip dengan lagu Queen. "Ya, itu hanya trik Dhani. Setiap artis kan punya trik sendiri," kata Deddy.

Namun Deddy Dores menyayangkan sikap Dhani tidak membuat lagu orisinal. Soalnya, kata dia, yang saat ini dibutuhkan masyarakat Indonesia adalah munculnya para musikus kreatif. "Dengan munculnya kasus ini, saya berharap, jika ada proses hukum, kelak dijalani Dhani, supaya tidak berkepanjangan," ucapnya.

Dimintai komentarnya tentang kampanye yang dapat menarik perhatian masyarakat Jawa Barat, Deddy mengutarakan ide pendekatan kebudayaan. "Karena Jawa Barat merupakan barometer bagi provinsi lain dalam hal kebudayaan," katanya.

PUTRI BILQISA | ENI S.

Source : http://www.tempo.co/read/news/2014/07/01/219589582/Deddy-Dores-Ahmad-Dhani-Harus-Izin-Ubah-Lagu-Queen