Sabtu, 20 April 2013

Beranda » » Buruh Dukung Rencana Cak Imin Bahas Upah Pekerja - Republika Online

Buruh Dukung Rencana Cak Imin Bahas Upah Pekerja - Republika Online

Sabtu, 20 April 2013, 12:57 WIB

Komentar : 0

Antara/R Rekotomo

Sejumlah buruh membawa poster saat berunjuk rasa tentang usulan UMK (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Asosiasi Buruh mendukung usulan Muhaimin Iskandar untuk membahas sistem pengupahan nasional yang adil bagi pekerja.

Sampai saat sistem pengupahan yang ada dianggap belum bisa memberikan kesejahteraan bagi buruh. Pembahasan sistem pengupahan diharapkan dilakukan secara objektif. 

"Harus melihat kondisi buruh saat ini yg memang masih jauh dari layak," Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia ( OPSI) Timboel Siregar, Sabtu (20/4).

Sistem pengupahan nantinya harus menekankan tanggung jawab pemerintah, melalui APBN untuk mendukung kesejahteraan buruh. Peran pemerintah dianggap  penting karena upah riil buruh ditentukan oleh kinerja pemerintah.

Upah riil buruh terus menurun dinilai akibat kegagalan pemerintah mengendalikan inflasi. Beberapa kebijakan pemerintah dianggap memicu inflasi misalnya rencana kenaikan tarif dasar listrik, rencana pencabutan subsidi BBM dan masalah transportasi bahan makanan pokok.

Selain itu, sistem pengupahan diharapkan juga menjamin adanya "demokratisasi pengupahan" di tempat kerja. Saat ini menurut Timboel masih ada terjadi kesenjangan pengupahan di tempat kerja sering terjadi.

Level menengah hingga direksi sering mendapat upah dan fasilitas berlebih sementara buruh di level operasional hanya sebatas upah minimum. "Sistem ini nanti harus mengatur rasio upah terendah dan tertinggi di tempat kerja," katanya kepada Republika.

Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari

Berita Terkait:

Buruh Jatim Ancam Tak Pilih KarSa, Ini Alasannya
RUU Tapera Buka Akses Rumah bagi Masyarakat Penghasilan Rendah
Gaji Petugas Kebersihan Dibawah UMK
Muhaimin Rancang RPP Aturan Pengupahan

Rasulullah SAW melarang membunuh hewan dengan mengurungnya dan membiarkannya mati karena lapar dan haus.((HR. Muslim))

In Picture: Demo Buruh Lakukan Aksi Blokir Tol

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Silahkan login atau register untuk kirim komentar Anda

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/20/mljhv3-buruh-dukung-rencana-cak-imin-bahas-upah-pekerja