Selasa, 26 Maret 2013

Beranda » » 'Rumus' Teh dan Kopi Pencegah Stroke - VIVAnews

'Rumus' Teh dan Kopi Pencegah Stroke - VIVAnews

Kopi dan teh  

VIVAlife - Berada antara dua pilihan, teh atau kopi? Minum saja keduanya, rasa berbeda dan memiliki 'kekuatan bersama' dalam mencegah stroke. Sebuah penelitian selama 13 tahun mengungkap bagaimana kedua minuman tersebut bisa mengurangi risiko stroke secara signifikan.

Minum kopi hitam satu cangkir sehari mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen. Efek tersebut juga bisa didapatkan dengan meminum setidaknya empat gelas teh hijau sehari. Penelitian dilakukan pada 84 ribu warga Jepang selama lebih dari 13 tahun.

"Ini merupakan kali pertamanya studi skala besar untuk mengetahui efek kombinasi teh hijau dan kopi dalam hal mengurangi risiko stroke. Perubahan kecil bisa membantu Anda menurunkan risiko serangannya," kata Dr. Yoshihiro Kokubo, dari Japan National Cerebral and Cardiovascular Centre.

Senyawa catechin pada teh hijau dipercaya bisa melindungi pembuluh darah dan menjaga kondisinya dalam keadaan baik. Sedangkan kandungan chlorogenic acid pada kopi, serta kafeinnya bisa mencegah stroke karena menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. 

"Minum kopi dan teh secara teratur memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan kardiovaskular karena bisa mencegah pembentukan gumpalan darah," kata Dr. Kokubo.

Untuk sajian sehari-hari, Anda bisa minum secara bergantian antara kopi dan teh hijau. Pastikan keduanya disajikan dengan benar dan tak terlalu banyak gula. Baik pada kopi maupun teh hijau. (sj)

http://life.viva.co.id/news/read/398103--rumus--teh-dan-kopi-pencegah-stroke