Kamis, 09 Mei 2013

Beranda » » Alain Delon Sabet Penghargaan di Festival Film Cannes - Liputan6.com

Alain Delon Sabet Penghargaan di Festival Film Cannes - Liputan6.com

Alain Delon Sabet Penghargaan di Festival Film Cannes

Pemeran Alain Delon

Liputan6.com, Paris : Aktor senior Prancis, Alain Delon, akan mendapat kehormatan di Festival Film Cannes pada akhir bulan ini dengan pemutaran filmnya, Plein Soleil. Film arahan sutradara Rene Clement pada 1960 ini berdasarkan adaptasi The Talented Mr Ripley.

Penghargaan akan diberikan kepada aktor berusia 77 tahun itu yang sekarang tinggal di Swiss, sebagai bagian dari serial Cannes Classics. Demikian dikatakan penyelenggara festival, belum lama ini, mengonfirmasi satu laporan surat kabar.

Plein Soleil (Purple Noon) menandai titik balik dalam karier Delon dan menyebabkan secara kritis diakui Rocco et des Freres (Rocco dan saudaranya). Delon, dianggap sebagai aktor berbakat dan serba bisa, telah membuat sekitar 100 film dalam karier yang berlangsung lebih dari setengah abad.

Versi asli Plein Soleil telah dipulihkan Immagine Ritrovata, laboratorium di Italia dengan pembiayaan produksi film yang berbasis di Prancis dan perusahaan distribusi StudioCanal.

Plein Soleil merupakan film fenomenal Delon arahan sutradara Clement, berdasarkan novel karya Patricia Smith, The Talented Mr Ripley. Delon sangat mampu menghidupkan karakter sangat sulit Mr Ripley yang berkepribadian ganda.

Kelak, aktor muda berbakat, Matt Damon, memerankan peran yang sebelumnya dilakoni Delon dalam The Talented Mr Ripley baru.

Delon merupakan ikon sinema-budaya Prancis, sangat ternama dengan aktor-aktris sezaman, di antaranya Marcelo Mastroiani, Sophia Loren, Brigitte Bardot, dan Claudia Cardinale.(Ant/Ans)

http://showbiz.liputan6.com/read/582333/alain-delon-sabet-penghargaan-di-festival-film-cannes