Jumat, 12 April 2013

Beranda » » Rahayu Supanggah Hasilkan Tembang Jawa dengan Elemen ... - Metro TV News

Rahayu Supanggah Hasilkan Tembang Jawa dengan Elemen ... - Metro TV News

Metrotvnews.com, Jakarta: Komposer Rahayu Supanggah kembali terlibat dalam pertunjukan Opera Jawa. Dalam pertunjukan tersebut, ia berhasil mengomposisi 35 tembang Jawa dengan elemen multikultural.

Kesemua tembang tersebut diciptakan dalam waktu 2,5 bulan saja. Tantangan terbesar, sahut dia, bukan pada waktu persiapan yang pendek, tetapi pada mengharmonisasi semua elemen budaya.

"Tantangannya pada bagaimana budaya itu bisa saling mendukung, bukan mengalahkan karena biasanya pada budaya yang berbeda, ada salah satu yang menonjol," cetus lelaki yang akrab disapa Panggah ini kepada wartawan di Jakarta, selasa (2/4).

Dalam proyek tersebut, lelaki yang pernah dinobatkan Sebagai Best Composer dalam ajang Hongkong Film Festival 2007 ini melibatkan sebelas pemusik yang akan tampil di atas panggung.

Kebanyakan dari mereka pernah bekerjasama dengan Panggah pada Opera Jawa sebelumnya. Meski seluruh tembang akan disampaikan dalam Bahasa Jawa, ia optimistis jika pertunjukan yang dibawakannya akan tetap bisa dinikmati oleh kalangan non Jawa.

"Sebenarnya, Indonesia itu potensial. Setiap daerah punya potensi itu. Bahkan, di luar Jawa yang minim alat musik, seni suaranya sangat beragam," tukas lelaki kelahiran 1949 ini. (Din)


Editor: Irvan sihombing

http://www.metrotvnews.com/lifestyle/read/2013/04/03/11/143371/Rahayu-Supanggah-Hasilkan-Tembang-Jawa-dengan-Elemen-Multikultural