Rabu, 08 Oktober 2014

Beranda » » 3 Nafas Likas, Kisah Djamin Gintings dan Istrinya

3 Nafas Likas, Kisah Djamin Gintings dan Istrinya

TEMPO.CO, Jakarta - Film teranyar sutradara Rako Prijanto, yaitu 3 Nafas Likas, siap dirilis pada tanggal 16 Oktober 2014. Diproduksi oleh Oreima Films, film ini menceritakan kisah nyata tentang percintaan dan perjuangan Likas Boru Tarigan Djamin Gintings.

Likas adalah istri dari Djamin Gintings, tokoh tentara asal Karo, pembentuk Komando Daerah Militer Bukit Barisan. Djamin terakhir berpangkat letnan jenderal dan meninggal pada 1974, saat menjabat duta besar Indonesia untuk Kanada.

Film ini mengambil latar belakang periode waktu tahun 1930-an hingga 2000. Mulai dari perang kemerdekaan, masa mempertahankan proklamasi, hingga kejayaan perekonomian Indonesia. "Selama ini orang selalu mengaitkan sebuah kisah heroik dengan perjuangan fisik. Tapi, sebenarnya ibu rumah tangga seperti Likas juga memiliki kisah perjuangan tak kalah pentingnya," kata Rako, saat ditemui di Kawasan Epicentrum, Jakarta, Selasa, 7 Oktober 2014. Rako adalah sutradara peraih Piala Citra.

Proses syuting film ini berjalan sejak tanggal 26 April 2014 di beberapa wilayah di Sumatera Utara, terutama di Karo yang menjadi setting utama cerita, di Jakarta, serta di Ottawa, Kanada. Film ini juga menjadi istimewa karena selain mengisahkan tentang perjuangan hidup seorang wanita tentang perjuangannya, sosok Likas sendiri memang masih hidup dan menjadi sumber inspirasi utama film ini.

"Saya tidak menyangka mendapatkan sebuah kado yang sedemikian istimewa," ujar Likas, 86 tahun. "Saya bersyukur bahwa perjalanan hidup saya ternyata dapat menjadi inspirasi melalui film. Sekiranya mendiang suami saya masih hidup, ia juga pasti merasa bangga dan bersyukur."

Film 3 Nafas Likas diperankan oleh Atiqah Hasiholan sebagai Likas, Vino G. Bastian (Djamin Gintings), Tutie Kirana (Likas tua), Arswendi Nasution (Ngantari Tarigan, ayah Likas), Marissa Anita, Mario Irwinsyah, Rina Hasyim, Ernest Samudera, dan aktris cilik Tissa Biani Azzahra yang memerankan Likas kecil.

ANINDYA LEGIA PUTRI

Terpopuler

Seniman 63 Tahun 'Nikahi' Makhluk Halus Besok 

Orlando Bloom Kepincut Si Seksi Margot Robbie

Justin Bieber Kembali Ingkar Janji ke Selena  

Source : https://id.berita.yahoo.com/3-nafas-likas-kisah-djamin-gintings-dan-istrinya-041943052.html