Senin, 18 Maret 2013

Beranda » » Bekali Caleg Artis dengan Pendidikan Politik - Okezone

Bekali Caleg Artis dengan Pendidikan Politik - Okezone

Rizka Diputra - Okezone
Minggu, 17 Maret 2013 21:23 wib

Esther Mandalawati (Foto:Ist)

Esther Mandalawati (Foto:Ist)

JAKARTA - Bursa bakal calon legislatif (caleg) dari kalangan artis menjelang Pemilu 2014 kian ramai. Berbagai partai politik peserta pemilu seakan berlomba-lomba merekrut caleg artis sebagai persiapan dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu.

Namun, seorang artis yang ingin maju menjadi caleg, jangan hanya bermodal tampang ataupun penampilan, melainkan ia harus memiliki pengetahuan soal politik.

Demikian disampaikan Kepala Biro Internal Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) DPP Partai Demokrat, Esther Mandalawati.

Kata Esther, seorang caleg nantinya bakal terjun ke masyarakat, menyerap aspirasi lalu memperjuangkannya di dalam parlemen. Sehingga, apa yang menjadi persoalan rakyat wajib diketahuinya.

"Artis juga harus memiliki pemikiran, ide-ide brilian sebagai solusi persoalan bangsa," kata Esther saat ditemui Okezone di Jakarta, Sabtu (16/3/2013).

Menurutnya, siapapun termasuk kalangan artis sekalipun, jika ia telah siap lahir batin untuk terjun ke dunia politik, sedini mungkin harus belajar membaca kondisi dan permasalahan yang dihadapi bangsa. Ilmu politik juga diperlukan, agar kedepannya ia tidak kesulitan, terlebih setelah duduk di kursi parlemen.

"Saya masih memberi tanda tanya soal pendidikan politik ini. Setiap artis marilah mulai pembekalan pendidikan politik, lalu membangun mental. Intinya orientasinya yang pertama dia jadi caleg karena ingin belajar, jangan orientasinya cuma mau cari uang semata," sebutnya.

Esther menambahkan, dewasa ini, rakyat sudah semakin cerdas untuk menentukan sosok ideal pilihannya. Sehingga, bentuk pencitraan seperti perekrutan caleg dari kalangan artis justru tidak berpengaruh signifikan terhadap perolehan suara. "Jadi artis juga harus punya kemampuan politik," lugasnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini


(ydh)

http://index.okezone.com/read/2013/03/17/339/777195/bekali-caleg-artis-dengan-pendidikan-politik