Sabtu, 24 Agustus 2013

Beranda » » Diukir pada Telur Burung Unta, Globe Ini Diklaim Tertua Sedunia

Diukir pada Telur Burung Unta, Globe Ini Diklaim Tertua Sedunia

Globe sebesar jeruk ini diduga dibuat oleh anak buah Leonardo da Vinci yang memiliki gambaran peta milik Christopher Columbus.

WowKeren.com - Hiasan bola dunia sering dijumpai di perpustakaan maupun sekolah. Benda tersebut sangat penting sebagai sarana pembelajaraan untuk mengetahui Bumi yang kita tinggali ini. Namun pernahkah berpikir seperti apa wujud globe yang pertama kali diciptakan?

Temuan globe tertua sedunia dikabarkan oleh jurnal The Portolan pada 19 Agustus lalu. Bola dunia tersebut berukuran sebesar jeruk yang bagian bawahnya dibuat dari dua telur unta diduga dibuat pada 1504. Namun asal globe bergaya Renaissance ini masih menjadi misteri.

Gambaran garis negara-negara pada globe ini menunjukkan data yang dikumpulkan oleh Christopher Columbus dan penjelajah awal Eropa lainnya, termasuk Amerigo Vespucci. Cartographer meyakini bahwa globe ini dibuat di Florence, Italia, oleh orang yang sangat ahli mengukir. Mereka menduga pengukir petanya adalah seniman yang pernah mengerjakan karya seni Leonardo da Vinci.

Dalam globe ini terdapat gambar berbagai jenis perahu, monster, ombak, seorang pelaut terdampar dan 71 nama tempat dengan satu kalimat "HIC SVNT DRACONES" (Di sinilah para naga). Tidak ada nama untuk wilayah Amerika Utara yang berupa kumpulan pulau terserak dan ada 3 nama di Amerika Selatan. Beberapa negara, misalnya Jepang, Brasil dan Arab sudah tercantum.

Globe ini dibeli di London Map Fair pada 2012 dari seorang agen barang antik yang menawarkannya sebagai "koleksi penting untuk orang Eropa". Kini pihak perpustakaan New York masih terus melakukan berbagai tes untuk meneliti asal muasalnya. Sebanyak 100 ahli sejarah seluruh dunia juga dikerahkan dalam penelitian.

Hingga sekarang yang diyakini sebagai globe paling tua sedunia adalah "Lenox Globe" berdiameter 112 mm. Bola dunia yang dibuat pada 1510 tersebut disimpan di Perpustakaan Publik New York sejak 1855. (wk/mr)

Berita Umum Pengetahuan terbaru :
• Kuburan di Polandia Diklaim Berisi Kerangka Vampir
• Warna dan Bentuk Alat Makan Ternyata Pengaruhi Rasa Makanan
• Sawah di China dan Gunung Fuji Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO
• China Miliki Jembatan Gantung Baru Sepanjang 10 Km
• Inilah Daftar Negara Paling Tidak Toleran di Dunia
• Berita Umum Pengetahuan lainnya ...

Source : http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00039119.html