Jumat, 23 Agustus 2013

Beranda » » Ini 9 Bioskop Drive-in Tertua di Dunia

Ini 9 Bioskop Drive-in Tertua di Dunia

TEMPO.CO, Amerika Serikat -Dalam sejarah bioskop, mencatat Amerika Serikat adalah salah satu negara yang mempertahankan budaya dan mengembangkan bisnis Drive-in teater. Bioskop Drive-in teater merupakan  sebuah bentuk bioskop yang menyajikan film di luar ruangan menggunakan proyeksi sehingga penonton dapat menikmati film dalam mobil di area parkir.

"Anda menyaksikan film di Drive-in itu karena cinta," kata Ry Russel, pemilik Saco Drive-in di Maine.

Menurut Russel, saat ini bisnis Drive-in terancam gulung tikar. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan industri. Perubahan itu menuntut semua Drive-in mengkonversi film dalam bentuk digital. Biaya untuk konversi tersebut terbilang mahal yaitu US$ 75.000 sedangkan para pemilik usaha Drive-in hanya merupakan usaha kecil keluarga.

Berikut ada sembilan dari perusahaan Drive-in tertua di seluruh dunia :

1. Drive-in Shankweiler, Orefield Pa (1934)
Shankweiler adalah Drive-in tertua di Amerika. Meski telah mengalami kerusakan akibat badai Diane di tahun 1955, Drive-in terus beroperasi sejak 1934 sampai sekarang.

2. Motor Vu, Twin Falls, Idaho (1947)
Drive-in terus beroperasi meskipun angin Idaho cukup kuat untuk menerjang layar. Namun, telah dilakukan berbagai upaya seperti, menambahkan pagar logam besar untuk melindungi layar.

3. Stateline, Elizabethton, Tenn (1947)
Meskipun sudah berumur, Drive-in ini masih mempertahankan keaslian speaker lapangannya.

4. Graham, Texas (1948)
Drive-in ini pernah menarik perhatian nasional di tahun 1955 ketika salah satu pelanggan terkenalnya, Blondie Singa berfose di luar Drive-in di sebuah mobil tua kemudian dimuat dalam majalah life.

5. Sparta Drive-in, Sparta, Tenn (1943)
"Sparta dibangun pada tahun 2943," kata Tommy Brown pemilik Sparta Drive-in. Drive-in merupakan satu-satunya di daerah Sparta yang mampu menciptakan suasana seperti yang anda dapatkan di walk-in teater.

6. Hi-Way, Carsonville, Mich (1948)
Saat ini Drive-in ini tengah menambahkan rumput untuk membuat nyaman penontonnya. Itu dikarenakan, banyaknya penonton yang lebih memilih duduk untuk menikmati film.

7. Ocala, Florida (1948)
Drive-in ini baru-baru melangsungkan ulang tahunnya yang ke-65. Drive-in merupakan usaha keluarga Watzke yang telah dijalankan oleh empat generasi.

8. Laksamana Twin, Tulsa, Okla (1951)
Drive-in pernah disorot dalam sebuah film yaitu The Outsiders pada tahun 1983.

9. Saco Drive-in, Maine
Drive-in ini pernah mengalami kebangkrutan, untung saja Ry Russel memutuskan untuk mengambil alih bisnis itu ketika mengalami masalah keuangan tiga tahun lalu.

RINA ATMASARI/ ABC NEWS

Berita Terpopuler
Marion Cortilard Bermain di Film Macbeth
Hari Pertama THB, Sebagian Penumpang Bingung
Single Baru SamsonS dengan Warna Vokal Baru
Ratna Sarumpaet Ingin Pernikahan Atiqah Sederhana

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/23/111506781/Ini-9-Bioskop-Drive-in-Tertua-di-Dunia