Kamis, 29 Agustus 2013

Beranda » » Indonesia Gelar Wayang World Puppet Carnival 2013

Indonesia Gelar Wayang World Puppet Carnival 2013

TEMPO.CO, Jakarta--Karnaval wayang berskala Internasional akan digelar di Indonesia pada awal September. Acara bertajuk Wayang World Puppet Carnival (WWPC) 2013 ini melibatkan 64 kelompok seniman wayang yang berasal dari 46 negara yang mewakili lima benua di dunia.

Gelaran ini akan diselenggarakan di tiga tempat sekaligus yaitu Taman Mini Indonesia Indah, Museum nasional, dan teater Usmar Ismail Jakarta dan berlangsung selama delapan hari dari tanggal 1-8 September 2013.

Gatot S. Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, wayang tidak hanya perlu dilestarikan sebagai warisan budaya namun perlu dioptimalkan untuk menyampaikan pesan positif pada masyarakat luas. "Seni bertutur merupakan kekuatan wayang yang menjadikannya sebagai media komunikasi publik yang penting," katanya, Rabu, 28 Agustus 2013.

Acara WWPC 2013 ini diinisiasi Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) setelah pada September 2012 mewakili Indonesia ke acara World Puppet Carnival (WPC) di Kazakhstan. Selepas mengikuti acara tersebut, tercetus ide untuk mengadakan acara yang serupa di Indonesia karena untuk negara sekecil Kazakhstan saja acara tersebut dapat diselenggarakan apalagi di Indonesia tempat wayang berasal dan masih ada hingga sekarang.

"Niat mengadakan karnaval ini dan berhasil menghadirkan 46 negara bukan sekadar ingin berhura-hura. Kami ingin memberikan kesempatan seniman dari berbagai negara itu turut berlaga mengekspresikan kemampuannya," kata Ekotjipto, Ketua Pepadi.

AISHA

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/29/113508350/Indonesia-Gelar-Wayang-World-Puppet-Carnival-2013