Selasa, 16 Juli 2013

Beranda » » Paragita UI Ikut Ajang di Choir Festival Manila

Paragita UI Ikut Ajang di Choir Festival Manila

TEMPO.CO , Jakarta:Paduan Suara Mahasiswa Paragita Universitas Indonesia akan kembali mewakili Indonesia dalam kancah internasional. Kali ini Paragita akan mengikuti the 1st Andrea O. Veneracion International Choir Festival di Manila, Filipina, 7-10 Agustus 2013.

Dalam kompetisi ini, PSM UI Paragita menjadi satu-satunya Paduan Suara Indonesia yang lolos melalui audisi rekaman dan menjadi satu dari 20 paduan suara dari tujuh negara peserta kompetisi.

Tujuh negara tersebut yaitu, Filipina, Indonesia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Kolombia, dan juga Taiwan. Mereka akan bersaing dalam tiga kategori, Chamber Choir (Paduan Suara Campuran), Vocal Ensemble, dan Folksong (Lagu Rakyat).

Paragita akan mengikuti kategori Chamber Choir atau paduan suara campuran. "Kali ini, tantangan utama bagi Paragita adalah membawakan lagu wajib berbahasa Kalingga, suatu daerah di utara Filipina, dengan pesaing yang kebanyakan memang paduan suara lokal," kata Aning Katamsi selaku Music Director PSM UI Paragita, Minggu, 14 Juli 2013 di Wisma Subud, Jakarta.

Kompetisi yang digelar untuk memperingati lima puluh tahun paduan suara kebanggaan Filipina, The Phillippines Madrigal Singers ini, akan mengundang lima juri perwakilan lima benua. Kelima juri tersebut datang dari Amerika Serikat, Afrika Selatan, Swedia, Argentina, dan tentu dari Filipina selaku perwakilan Asia.

Selain membawakan lagu wajib lomba berjudul Three Kalingga Chants (Wiyawi, Salidumay & Mambayu), Paragita akan membawakan lagu lain dari tiga periode zaman berbeda. "Peserta dituntut membawakan lagu dari tiga lagu dari masing-masing zaman renaissance, romantik, dan modern, yang tentunya memiliki gaya dan karakter yang sangat berbeda," ujar Aning. Pada kategori ini, tiga lagu yang akan dibawakan oleh Paragita adalah Piagne sospira, e quandi caldi raggi; Fruhlingsblick; dan Kalejs Kala Debesis. "Mudah-mudahan kali ini pun Paragita bisa berjaya di kompetisi ini," kata Aning.

Selain mengikuti kompetisi, kelompok paduan suara yang akan mengirim 37 personil yang terdiri dari konduktor, penyanyi, dan official ini, juga akan menggelar konser misi budaya di Filipina. "Pada tanggal 11 Agustus nanti, kami juga akan menggelar konser di Bulacan, Filipina," kata Ketua PSM Paragita UI, Grita Aninda. Dalam konser tersebut, Paragita akan menampilkan tiga lagu daerah Indonesia dalam bentuk aransemen paduan suara, yaitu Mande-Mande, Tanduk Majeng, Tak Tong Tong.

MITRA TARIGAN

Topik Terhangat

Hambalang Jilid 2 | Rusuh Nabire | Pemasok Narkoba | Eksekutor Cebongan

Berita Lain:

Wakil Menteri Dituding Muluskan Anggaran Hambalang

Dua Orang Ditembak di Apartemen Mediterania

Polri dan TNI Diminta Pulihkan Situasi di Nabire

Priyo: ICW Salah Mengerti Surat Napi Koruptor

Kerudung Ikatan ala Aldila Jelita

Source : http://id.berita.yahoo.com/paragita-ui-ikut-ajang-di-choir-festival-manila-002247886.html