Minggu, 30 Maret 2014

Beranda » » Ketoprak BUMN, Dahlan Iskan Disindir Soal Pemilu

Ketoprak BUMN, Dahlan Iskan Disindir Soal Pemilu

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan tak luput dari sentilan mengenai Pemilihan Umum 2014 dan pencalonannya sebagai presiden melalui konvensi Partai Demokrat saat bermain ketoprak di Gedung Kesenian Jakarta, Sabtu malam, 29 Marert 2014. Dalam pentas berjudul Raden Wijaya Winisudha itu, Dahlan disindir oleh beberapa pemain, yang tak lain adalah direktur BUMN.

Sindiran pertama datang dari Direktur PT Pindad, Rita Widayati. Berperan sebagai Tribuwaneswari, Rita menggoda Dahlan yang berperan sebagai Raden Wijaya dengan selendang berwarna-warni. (Baca : Main Ketoprak, Dahlan Iskan Tidak Latihan).

Tak mau sendiri, Rita menggandeng Wakil Direktur PT Bank BNI, Felia Salim, dan Direktur PT Sarinah, Rini Wulandari. Ketiga srikandi BUMN itu mengenakan selendang berlainan warna, yang lantas ditafsirkan penonton sebagai identitas partai politik.

"Masih ada kami bertiga lho Kang Mas, tinggal pilih mau yang mana, merah, kuning... E, gak boleh ya, kalau merah, kuning, ijo," kata Rita kepada Dahlan. Dahlan, bakal calon presiden dari Partai Demokrat yang identik dengan warna biru, cuma mesam-mesem. "Boleh... bebas," ujar Dahlan. Melihat adegan ini, penonton tertawa. (Baca : Ketoprak BUMN, Dahlan Iskan Goyang Oplosan).

Sedangkan Direktur Utama PT Adhi Karya, Kiswodarmawan, meledek Dahlan sebagai peserta konvensi. "Aku dengar Raden sibuk ke sana ke mari dalam rangka kompetisi pemimpin di negeri ini," kata Kiswodarmawan. (Baca : Ada Lelucon Tender BUMN di Ketoprak Dahlan Iskan).

Kiswo menyindir Dahlan yang dalam beberapa minggu terakhir sibuk berkampanye dalam kapasitasnya sebagai peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat. Lagi-lagi Dahlan cuma tersenyum.

Pementasan selama dua jam ini adalah partisipasi Dahlan Iskan kelima dalam seni ketoprak. Kali ini Dahlan naik pentas bersama 16 direktur BUMN dan seniman ternama dari Rumah Budaya Nusantara Puspo Budoyo, seperti Kirun dan Yati Pesek.

Dahlan berperan sebagai Raden Wijaya, menantu Raja Singasari, Kertanegara, yang berhasil merebut kembali kerajaan itu dari penguasa Kediri, sekaligus memukul mundur serangan Kubilai Khan dari Negeri Tiongkok.

MAYA NAWANG WULAN

Berita Terpopuler

Kenapa Penculik Bayi Loncat dari Flyover Pasupati?  

Jokowi: Indonesia Harus Berani Stop Impor Sapi  

Ini Aksi Bohong Penculik Bayi 

Source : https://id.berita.yahoo.com/ketoprak-bumn-dahlan-iskan-disindir-soal-pemilu-023843602.html