Kamis, 27 Maret 2014

Beranda » » Ultah, Putu Wijaya Libatkan 92 Orang Menulis Esai  

Ultah, Putu Wijaya Libatkan 92 Orang Menulis Esai  

TEMPO.CO, Jakarta - Tidak ingin hanya menjadi perhelatan biasa tanpa makna, Putu Wijaya, yang pada 11 April 2014 berusia 70 tahun, melibatkan 92 tokoh untuk menulis esai mengenai dia dan karyanya. Mereka terdiri dari orang-orang terdekat dari berbagai kalangan.

Usia 70 tahun bagi Putu adalah usia yang dimaknai dengan menggambarkan tentang apa yang sudah dicapainya dan apa yang selanjutnya akan dilakukan. "Kita diam saja, usia akan tetap datang menemui kita," kata Putu saat ditemui di Teater Salihara, Selasa, 25 Maret 2014.

Untuk mendapatkan gambaran tersebut, Putu Wijaya menghubungi 92 orang sahabat dari berbagai kalangan untuk menulis tentang ia dan karyanya. "Saya mengirim pesan lewat sms ke-92 orang untuk menulis esai. Alhamdulilah responnya positif, semua menyambut baik," kata Putu.

Dari 92 orang yang terlibat dalam pembuatan buku esai ini, empat di antaranya ada tokoh politisi yaitu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, dan Salim Said, mantan Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko.

Pembuatan kumpulan esai ini diharapkan Putu dapat menjadi sumber rujukan atau referensi bagi banyak pihak seperti pelajar dan pengamat sastra terhadap salah satu tokoh serta karya-karya sastra Indonesia.

"Pada dasarnya sastra Indonesia itu maju, eseinya bagus-bagus, namun yang masih kurang adalah kritik," ujarnya. Maka, keberadaan buku yang diberi judul Bertolak dari yang Ada mencoba menunjukkan bagaimana bentuk kumpulan esai yang berisi kritik terhadap karya sastra.

Putu optimistis suatu saat budaya menulis esai dan kritik terhadap karya sastra akan kembali muncul. Menurutnya secara sederhana sebuah opini yang ditulis dengan bagus saja sudah bisa menjadi sebuah esai.

"Kelak kalau ada pelajar yang mencari tahu bagaimana menulis kritik atau membuat resensi tentang buku, dia bisa melihat karya ini sebagai contoh," kata Putu.

AISHA SHAIDRA

Berita Terpopuler

Band Monkey to Millionaire Menang di VIMA 2014 

Sang Perayu Ulung Bernama Bruno Mars 

Cinta Penelope Ambil Job Kampanye jika Partai Sumbang Satinah

Madonna Didapuk Menjadi Sutradara Film Romantis  

Source : http://id.berita.yahoo.com/ultah-putu-wijaya-libatkan-92-orang-menulis-esai-114105830.html