Senin, 31 Maret 2014

Beranda » » Orasi Seno Gumira Meriahkan Hari Film Indonesia  

Orasi Seno Gumira Meriahkan Hari Film Indonesia  

TEMPO.CO, Jakarta - Memperingati Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret, Seno Gumira Ajidarma hadir menyampaikan orasinya bertajuk "Film Indonesia dan Identitas Nasional dalam Kondisi Pasca-nasional", pada hari Kamis, 27 Maret 2014.

Pertanyaan mengenai status film Indonesia, yang dikatakan sebagai film nasional, muncul sepanjang orasi yang dikumandangkan Seno. Apakah film Indonesia dikatakan sebagai film nasional datang dari teritorial film itu dibuat, menggunakan modal Indonesia, atau bahkan film nasional adalah film yang dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Bagi Seno, pertimbangan teritorial tidak dapat lagi diandalkan. "Karena dengan segenap persyaratan formal yang hanya seolah-olah saja merupakan jaminan keindonesiaan yang absolut itu, film Indonesia ternyata belum sahih disebut sebagai film dengan identitas nasional," katanya dalam orasi.

"Dengan kata lain, meskipun secara keseluruhan film tersebut diproduksi di Indonesia, yang terpenting adalah bagaimana pertanggungjawaban dari para sineas perfilman Indonesia sebagai representasi identitas nasional, jika secara tekstual hanyalah mengacu dramaturgi film Hollywood," ujar saat Seno saat berorasi di Galeri Indonesia Kaya, Mall Grand Indonesia, Kamis, 27 Maret 2014.

Seno juga mengungkapkan film-film Indonesia yang diakui di dunia internasional sebagai film berkepribadian mandiri. Alasannya, film tersebut berhasil membebaskan diri dari cara bercerita Hollywood, meskipun tak mudah dihubungkan dengan identitas sosial.

ANINDYA LEGIA PUTRI

Berita Terpopuler

Konser yang Paling Diingat GIGI: Yogya

Filosofi Jawa Kuno Tujuh Bulanan Arumi Bachsin

Mimpi GIGI di Ultah ke-20, Tampil di Kecamatan

Video Musik Coke Bottle, Agnez Mo Tayang Hari Ini

Source : https://id.berita.yahoo.com/orasi-seno-gumira-meriahkan-hari-film-indonesia-043030967.html