Senin, 18 Maret 2013

Beranda » » Ciptakan I-Pop, Indonesia Ingin Saingi K-Pop? - Okezone

Ciptakan I-Pop, Indonesia Ingin Saingi K-Pop? - Okezone

Edi Hardian - Okezone
Rabu, 13 Maret 2013 11:34 wib

Big Bang (Foto: Asianewsnet)

Big Bang (Foto: Asianewsnet)

JAKARTA - Demam Korea Pop (K-Pop) memang berhasil melanda dunia. Tidak tanggung-tanggung, Korean Wave yang diwakili boyband dan girlband serta penyanyi solo Korea juga merambah pasar Eropa dan Amerika. Itu tentu membuat Korea meroket merajai musik dunia dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.
 
Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia memiliki potensi untuk maju seperti Korea. Indonesia berencana akan mengusung I-Pop sebagai karakter musik Indonesia. Itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ukus Kuswara.

"Untuk merintis I-pop, kami akan terlebih dahulu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada dunia musik Tanah Air," kata Ukus Kuswara di Gedung Sapta Pesona, 8 Maret 2013 lalu.
 
Namun sebelum masuk di level tersebut, kita harus membenahi dulu segala penyakit yang mendera dunia permusikan Tanah Air.

"Pelanggaran HKI, kurangnya apresiasi terhadap musik daerah. Musik yang dianggap masih kurang bersaing, minimnya minat masyarakat terhadap lagu anak serta minimnya ruang publik untuk pertunjukan bagi musisi lokal," kata Ukus menyikapi hal tersebut.
 
Ide I-Pop memang bukan sembarangan, butuh kerja keras dari semua pihak untuk merealisasikannya, termasuk  pemerintah.

"Kami mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap pengembangan segala unsur seni pertunjukan yang ditampilkan K-Pop. Kami akan memelajari langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Korea untuk bisa diadaptasi dan diimplementasikan pada I-pop," papar Ukus.
 
Meski terinspirasi kesuksesan K-pop, Ukus menjelaskan, tampilan I-pop akan berbeda dengan tampilan K-pop. Seperti diketahui, banyak bintang K-Pop telah menggelar konser di Indonesia. Bahkan, mereka bisa menampilkan performa terbaik.

"Kami akan mengangkat musik yang benar-benar mencirikan Indonesia sehingga musik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan mendunia," ungkapnya.
 
Seperti diketahui, butuh waktu tidak sebentar membangun kekuatan seperti Korean Wave saat ini, dan butuh proses yang panjang. Apakah Indonesia mampu mengikuti jejak Korea yang mendunia? Patut ditunggu apakah pemerintah benar-benar akan merealisasikan janjinya atau tidak.

(nsa)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

Terimakasih atas bantuan Anda melaporkan komentar ini.

http://music.okezone.com/read/2013/03/13/386/775027/ciptakan-i-pop-indonesia-ingin-saingi-k-pop