Selasa, 16 Juli 2013

Beranda » » Jakarta Open Piano Competition 2013 Digelar

Jakarta Open Piano Competition 2013 Digelar

TEMPO.CO, Jakarta - Pertama kalinya di Indonesia, pemenang kompetisi piano tampil dalam gala konser pemenang diiringi langsung Jakarta Concert Orchestra.

Kompetisi piano Jakarta Open Piano Competition kembali digelar. Acara dua tahunan ini akan diadakan selama tiga hari mulai 19 sampai 21 Juli 2013 di Balairung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat.

Ada beberapa katagori peserta yang ikut, mulai usia 6 tahun sampai 23 tahun dengan juri pianis Levi Gunardi, Iswargia R. Sudarno, Johannes S. Nugroho dari Indonesia dan dua juri luar yakni, NG Chong Lim asal Malaysia dan Albert Tiu, Singapura.

Menurut Levi Gunardi pada 15 Juli 2013, peserta yang sudah mendaftar sekitar 100 orang akan memainkan karya dari Bach, Beethoven, Mozart, Chopin, Hayd, Mendelsshon dan komponis lain di era romantik. »Tahun lalu sampai 300 peserta, » katanya.

Peserta yang mengikuti kompetisi memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam instrumen piano dari segi usianya. Kebanyakan peserta yang ikut kompetisi telah menjuarai kompetisi piano tingkat nasional dan internasional seperti, Asean Chopin Piano Competition di Kuala Lumpur, kompetisi piano internasional untuk musisi muda (Belanda), kompetisi di Jerman, Singapura dan di Indonesia yang cukup bergengsi seperti, Ananda Sukarlan Award dan lainnya.

Beberapa peserta sudah pernah mengadakan konser tunggal seperti Randy Ryan, Felisien, Jennifer Chrysanta, Kevin Tisna, Edith Widayani.

Pada gala konser di hari terakhir, 21 Juli nanti sepuluh finalis akan diiringi orkestra. Levi mengatakan, tidak banyak kompetisi melibatkan orkestra, karena dengan orkestra peserta diharapkan memainkan konserto untuk piano," Karya ini cukup sulit secara teknik dan musikalitas. Salah satu kompetisi besar melibatkan orkestra lengkap ada pada grand final Chopin Competition diselenggarakan di Warsawa, Polandia," kata Levi mengenai kompetisi pertama di Indonesia yang langsung menampilkan pemenang ke dalam orkestra.

Sapta Nirwandar sebagai wakil menteri pariwisata dan ekonomi kreatif mengharap, kegiatan ini memberi fasilitas bagi pianis muda berbakat untuk berkompetisi dan melahirkan pianis profesional.

Di acara konser penutupan akan tampil Jakarta Concert Orchestra dan Avip Priyatna yang menampilkan karya Overture Figaro, Un Aura Amorosa dari Mozart yang berkolaborasi dengan Farman Purnama, penyanyi solo tenor berbakat berdomisili di Belanda dan lagu Indonesia Jiwaku, karya Guruh Soekarnoputra.

EVIETA FADJAR

Topik Terhangat

Hambalang Jilid 2 | Rusuh Nabire | Pemasok Narkoba | Eksekutor Cebongan

Berita Lain:

Wakil Menteri Dituding Muluskan Anggaran Hambalang

Dua Orang Ditembak di Apartemen Mediterania

Polri dan TNI Diminta Pulihkan Situasi di Nabire

Priyo: ICW Salah Mengerti Surat Napi Koruptor

Source : http://id.berita.yahoo.com/jakarta-open-piano-competition-2013-digelar-040034767.html