Senin, 15 Juli 2013

Beranda » » J.K. Rowling Menyamar Demi Menulis Novel Kriminal

J.K. Rowling Menyamar Demi Menulis Novel Kriminal

TEMPO.CO, London -- Penulis Harry Potter, J.K. Rowling, diam-diam menyamar sebagai seorang polisi militer yang sudah pensiun untuk menulis novel kriminal yang disebut-sebut sebagai salah satu cerita detektif terbaik tahun ini.

Rowling menulis Calling The Cuckoo itu dengan nama Robert Galbraith. Selama ini dia terus berpura-pura bahwa itu adalah karya seorang ayah dua anak dan mantan penyelidik yang menyamar.

Hal itu terungkap ketika koran Sunday Times curiga dengan penulisan novel itu. Sebuah investigasi menemukan bahwa Rowling adalah penulis yang sebenarnya.

"Saya berharap bisa menjaga rahasia ini sedikit lebih lama karena menjadi Robert Galbraith adalah pengalaman yang membebaskan," kata wanita berumur 47 tahun itu. "Telah indah untuk mempublikasikan tanpa hype atau harapan dan murni kesenangan untuk mendapatkan umpan balik dengan nama yang berbeda."

Penerbitnya, Little Brown, telah dipromosikan buku sebagai "novel kriminal klasik dalam tradisi PD James dan Ruth Rendell". Protagonis, Cormoran Strike, adalah seorang veteran perang bermasalah dengan luka fisik dan psikologis.

Plot berikut investigasi Mogok ke dalam kematian model di Mayfair, distrik kelas atas London. Satu rpembaca menggambarkannya sebagai "debut baru yang gemilang", sementara yang lain menyebutnya "secara matang mengejutkan".

Novel ini telah terjual sekitar 1.500 eksemplar. Namun, dalam beberapa jam setelah Rowling disebut sebagai penulis, buku itu melesat grafik terlaris. Perusahaan ini terdaftar sebagai penjual terbesar ketiga di Amazon.co.uk pada hari Minggu.

The Sunday Times mengatakan Rowling telah menulis novel kedua, Cormoran Mogok, yang akan diterbitkan tahun depan. Setelah menjual jutaan buku Harry Potter, Rowling merilis novel dewasa pertama, The Casual Vacancy, tahun lalu.

REUTERS | ALI AKHMAD

Terhangat:
Bara LP Tanjung Gusta | Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap

Baca juga:
Pemeran Finn Hudson Glee Ditemukan Tewas di Hotel
Cory Monteith Jalani Rehabilitasi Obat Terlarang
Belum Diketahui Penyebab Kematian Cory Monteith
Persiapan Konser Metallica Berjalan 80 Persen

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/15/219496459/JK-Rowling-Menyamar-Demi-Menulis-Novel-Kriminal