Kamis, 18 April 2013

Beranda » » Perempuan Jangan Lagi Pakai BH? - Gatra

Perempuan Jangan Lagi Pakai BH? - Gatra

Paris, GATRAnews - Sebuah penelitian di Prancis mengungkapkan hasil yang cukup mengejutkan. Disebutkan bahwa BH (buste hanger, alias kutang, atau penyangga payudara perempuan) dapat melemahkan otot alami penyangga payudara. Untuk itu, penelitian itu merekomendasikan agar perempuan sebaiknya mempertimbangkan untuk tidak memakainya lagi.

Penelitian tersebut dilakukan selama 16 tahun oleh Jean-Denis Rouillon, seorang yang kurang dikenal di Prancis, dengan 330 perempuan sebagai obyek penelitian pria 62 tahun itu. 

Pemikiran Rouillon itu disiarkan dalam radio kampus setempat, dan juga di radio nasional, belum lama ini, yang didasari atas penelitiannya di perguruan tinggi kecil di wilayah timur kota Besancon. Sontak, para wartawan surat kabar dan televisi nasional pun segera "memburu" peneliti tersebut.

Radio France Info mewawancarai seorang relawan dalam penelitian itu, Capucine, yang berusia 28 tahun. Perempuan itu mengaku, setelah menanggalkan BH, ia merasa lebih bebas, meningkatkan kemampuan bernafas dan memperbaiki bentuk tubuhnya.

"Kami bisa leluasa bernafas, berdiri tegak dan mengurangi nyeri punggung," katanya, sebagaimana dikutip Antara. Kesimpulan dokter Rouillon ini tidak menyentuh aspek estetika dan etika di banyak negara, selain negara-negara liberal.

Bahkan harian Le Monde, yang dikenal sebagai media yang angkuh, menyiarkan sejarah penemuan penyangga sekaligus penutup payudara yang dimulai pada abad 14 itu.

Rouillon mengatakan kepada Reuters, penelitian yang belum dipublikasi ini baru tahap awal, dan ia belum bersedia memberikan satu pesan yang paling tepat bagi para perempuan.

Temuannya itu berdasarkan penelitian pada 330 perempuan berusia 18 hingga 35 tahun dengan mengatakan, memakai BH pada usia belia tidak membantu apa pun bagi pemakainya. Sebaliknya, tanpa kutang, payudara akan meningkat kepadatannya.

"Kelenturannya menurun," kata Rouillon, seraya menambahkan BH juga menghambat sirkulasi darah.

"Kecuali bagi perempuan paruh baya yang kegemukan, sudah punya dua anak lebih, saya tidak yakin apakah akan diuntungkan jika melepas BH," tambahnya. (TMA)

Berita Lainnya :

http://www.gatra.com/lifehealth/duniawanita/28199-perempuan-jangan-lagi-pakai-bh.html