Sabtu, 13 Juli 2013

Beranda » » Dituding Pasok dari Tambang Ilegal, Apple Kirim Tim Investigasi ke Bangka

Dituding Pasok dari Tambang Ilegal, Apple Kirim Tim Investigasi ke Bangka

Apple mengakui diantara 249 pemasoknya ada yang dari Bangka sehingga akan mengirim tim pencari fakta ke sana.

WowKeren.com - Apple rupanya benar-benar serius dalam menangani bahan yang digunakan untuk gadget mereka. Baru-baru ini mereka membentuk tim investigasi untuk menyelidiki pasokan bahan baku di Pulau Bangka, Bangka Belitung, Indonesia.

The Verge melaporkan bahwa Apple mengirim tim ke Pulau Bangka untuk memastikan bahwa pertambangan yang jadi pemasoknya tidak ilegal. Apple dituding oleh yayasan lingkungan hidup Friends of the Earth ikut ambil bagian dari perusakan lingkungan di sana. Pasalnya, Apple menggunakan timah asal Pulau Bangka yang diduga berasal dari pertambangan liar.

Apple sendiri mengakui memiliki 249 pemasok yang memasok timah untuk komponen produknya. Akhirnya pihak Apple memutuskan mencari tahu lebih dalam mengenai keadaan yang sesungguhnya terjadi di Pulau Bangka dengan mengirim tim khusus ke sana.

Friends of the Earth melaporkan sejak November tahun lalu menerima 24 ribu petisi meminta transparansi Apple menggunakan pasokan timah di pertambangan Pulau Bangka. Pasalnya, pada 2012 dilaporkan ada 6 pekerja tewas tertimpa longsoran akibat buruknya kondisi pertambangan di sana.

Sedangkan Samsung juga berjanji akan menyelidiki pasokan timah miliknya meski tidak memasok langsung dari Pulau Bangka. "Kami tidak memiliki hubungan langsung dengan pemasok timah dari pulau Bangka, tapi kami memang menggunakan beberapa timah untuk komponen kami yang juga berasal dari area tersebut," ucap jubir Samsung. (wk/mr)

Berita Apple lainnya :
• Apple Diisukan Pangkas Produksi iPhone Hingga 20 Persen
• iPad Mini Retina Display Diisukan Rilis Setelah iPad 5
• Muncul Foto iPhone Murah dengan Casing Putih dan Hitam

Source : http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00037472.html