Sabtu, 13 Juli 2013

Beranda » » Film Alfred Hitchcock Masuk Daftar UNESCO Inggris

Film Alfred Hitchcock Masuk Daftar UNESCO Inggris

TEMPO.CO, Jakarta - Sembilan film bisu sutradara Alfred Hitchcock terdaftar ke UNESCO UK Memory of the World Register sebagai warisan budaya. Film karya Hitchcock masuk daftar itu karena menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah Inggris Raya, dari manuskrip Medieval menjadi film yang luar biasa.

"Dibuat sekitar 1925-1929, film bisu buatannya merupakan salah satu pencapaian luar biasa dalam dunia perfilman Inggris. Ini juga cetak biru dari keseluruhan karyanya yang memuat motif dan obsesinya," seperti yang tertulis dalam laman Komisi Nasional Inggris Raya untuk UNESCO.

British Film Institute (BFI) menghabiskan waktu tiga tahun merestorasi sembilan film karya Hitchcock yang dibuat tahun 1925-1929. Tahun lalu, mereka memutarkannya dalam London 2012 Festival.

"Kami sangat senang mengetahui bahwa film-film lama dari salah satu pembuat film terkemuka dunia berada di antara jajaran artefak budaya besar Inggris Raya lainnya," kata Robin Baker, kepala kurator di British Film Institute (BFI), seperti dikutip dari BBC.

Film yang direstorasi itu antara lain debut film fitur The Pleasure Garden dan drama tentang tinju The Ring. Hitchcock 9, yang disebut-sebut sebagai cetak biru dari film pascaperang terkenal karya Hitchcock, Psycho dan Vertigo, juga diputar di Amerika Serikat.

Tahun lalu, film Vertigo menggantikan Citizen Kane karya Orson Welles pada posisi puncak majalah Sight and Sound dari BFI sebagai film terbaik sepanjang masa.

ANT | ALIA

Berita Lain:
Menulis Buku, Peggy Melati Sukma Ketakutan
Akun Palsu Twitter, dari SBY sampai Agnes Monica
Gwyneth Paltrow Puji Nasir di Pulau Komodo

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/13/111496104/Film-Alfred-Hitchcock-Masuk-Daftar-UNESCO-Inggris