Kamis, 04 Juli 2013

Beranda » » Sebelum Dikremasi, Jenazah Ayah Venna Melinda Diputar 3 Kali

Sebelum Dikremasi, Jenazah Ayah Venna Melinda Diputar 3 Kali

Sebelum Dikremasi, Jenazah Ayah Venna Melinda Diputar 3 Kali

Venna Melinda (Liputan6 TV)

Liputan6.com, Jakarta : Selain menjalani upacara Pitra Puja, ayah tiri Venna Melinda pun akan melakukan ritual lainnya sesuai adat Bali, yaitu jenazah akan diputar sebanyak tiga kali ke arah kiri. Dengan dipanggul oleh keluarganya hingga masuk ke mobil ambulance.

Menurut pemimpin doa, bapak Maku Ketut Tarus, hal itu dilakukan untuk mengingat dari mana manusia berasal dan juga untuk menghilangkan sisi negatif dari almarhum.

"Jenazah diputar tiga kalau ke arah kiri namanya Purwasawiya. Karena manusia punya sisi positif dan negatif, jadi kalu diputar sebanyak tiga kali, agar menghilangkan sisi negatif pada almarhum," ucap Maku Ketut Tarus, di Krematorium Celincing, Jakarta Utara, Kamis (4/7/2013).

Pemutaran jenazah ini akan dilakukan kembali sebelum jenazah di kremasi. Pada putaran kedua, jenazah akan diputar kearah kanan.

"Waktu masih di rumah itu diputarnya ke kiri, nanti pas mau ngaben (kremasi), nanti diputarnya ke arah kanan namanya Purwadaksina. Itu untuk mengantarkan almarhum menuju para malaikat, dan Sang Yang Widi," pungkas Ketut Tarus, dengan logat khas Bali-nya.(Pur/Mer)

Source : http://showbiz.liputan6.com/read/630156/sebelum-dikremasi-jenazah-ayah-venna-melinda-diputar-3-kali