Jumat, 16 Agustus 2013

Beranda » » `Dae Jang Geum` Jadi Duta Perdamaian Dua Korea

`Dae Jang Geum` Jadi Duta Perdamaian Dua Korea

TEMPO.COSeoul-Masih ingat serial drama asal Korea Selatan dengan tokoh utama juru masak Istana Dae Jang Geum? Pemerannya Lee Young-ae kini didapuk menjadi Duta Perdamaian dua Korea. Perempuan 42 tahun ini akan mendapat tugas untuk menyebarkan nilai-nilai lingkungan hidup dan perdamaian di kawasan Demiliterisasi yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara.

Pada Selasa, 13 Agustus 2013, Lee didampingi Gubernur Propinsi Gyeonggi mengunjungi jembatan Yonggang. Jembatan yang terletak di kawasan Yeoncheon tersebut termasuk area perbatasan dengan Korea Utara. Ibu dari kembar putra dan putri ini melambaikan tangan pada para imigran dan juga veteran perang Korea.

Juru bicara propinsi Gyeonggi menuturkan alasan pemilihan Lee adalah karena keterlibatannya dalam sebuah film yang menjadi hit pada 2000, Joins Security Area. Film tersebut mengusung kisah persahabatan tentara Korea Selatan dengan tentara Korea Utara yang bertugas di kawasan demiliterisasi yang berujung insiden penembakan. Pemerintah propinsi Gyeonggi berharap nama besar Lee yang sudah mendunia bisa mengubah imaji kawasan demiliterisasi (DMZ) menjadi sebuah tempat yang damai dan ramah lingkungan.

Sementara itu, pejabat senior propinsi setempat yang sudah mengadakan pertemuan di Paju dan Yeoncheon mengatakan siap merealisaikan Taman Perdamaian DMZ. Ide tersebut sudah dimulai ketika Presiden Korea Selatan Park Geun-hye berbicara tentang rencana pembangunan taman di depan Kongres Amerika pada Mei 2013. Sebuah ide yang rencananya akan menyatukan kawasan sabuk DMZ di sekitar sungai Han yang meliputi Paju, Yeoncheon, Cheorwon dan Goseong.

DIANING SARI|CHOSUN ILBO

     

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/08/15/219504690/Dae-Jang-Geum-Jadi-Duta-Perdamaian-Dua-Korea