Minggu, 07 Juli 2013

Beranda » » Dody, Aktor Mungil dari Teater Yogya

Dody, Aktor Mungil dari Teater Yogya

Dody, Aktor Mungil dari Teater Yogya

Pementasan teater "Bila Malam Bertambah Malam" yang dibawakan oleh kelompok Teater Mandiri dalam gladi resiknya di Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (20/6). Teater karya Putu Wijaya ini bercerita tentang cinta remaja dengan latar belakang perbedaan kasta di Bali. TEMPO/Dwianto Wibowo

TEMPO.CO, Bandung - Ada sosok unik di tengah perhelatan Festival Nasional Teater Remaja di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, 3-6 Juli 2013. Sosok itu bernama Dody Veryanto dari Teater AFC Yogyakarta. Bertubuh mungil dan berusia 12 tahun, ia sudah duduk di bangku kelas 11 jurusan teater di SMK 1 Bantul, Yogyakarta.

Bersama kelompok teaternya dalam festival tersebut, Dody berperan sebagai dalang dalam lakon berjudul Sri. Saat latihan sebelum tampil di ruang serbaguna kampus STSI Bandung, Dody menjadi salah satu tokoh sentral. Ia duduk di atas kotak kayu sambil sesekali mengetukkan palu seperti seorang dalang wayang kulit. Sekitar delapan pemain yang mengelilinginya bergantian menimpali ocehan Dody sambil tertawa-tawa.

Sosok Dody yang masih seperti bocah balita mengundang perhatian kelompok teater lain yang juga berlatih di tempat itu. "Ini pementasan pertama saya," ujarnya, Sabtu, 6 Juli 2013. Walau terlihat tak canggung saat latihan, Dody ternyata pemalu ketika diwawancara.

Dody baru setahun bermain teater. Di sekolahnya, ia juga suka berpantomim. Sebulan berlatih untuk pementasan teater berjudul Sri ini, ia mengaku hanya menghafal sebagian naskah. "Sisanya boleh improvisasi," katanya.

Lakon Sri mengisahkan seorang tokoh bernama Sri dari Gunung Kidul. Kecantikan dan kepintarannya menjadi awal petaka. Ia ingin dilenyapkan oleh seorang penguasa. Naskah karya Y. Krismantono itu memadukan kisah Sri dengan cerita Dewi Sri di dunia perwayangan.

ANWAR SISWADI

Berita Terpopuler:
Pidatonya Tidak Disimak, Megawati Ngomel-ngomel
Megawati Minta Pemuda Hormati Lagu Kebangsaan
Sekda Pukul Pegawai Wings Air, Polisi Cari Bukti
Kehamilan Bocah 11 Tahun Memicu Perdebatan Aborsi di Cili

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/07/113494173/Dody-Aktor-Mungil-dari-Teater-Yogya