Jumat, 05 Juli 2013

Beranda » » Festival Teater Remaja se-Indonesia Siap Digelar

Festival Teater Remaja se-Indonesia Siap Digelar

Festival Teater Remaja se-Indonesia Siap Digelar

Pementasan Teater SMA Bina Muda pada Festival Teater Remaja III Se-Jawa Barat di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), Bandung, Jawa Barat. Kamis (16/2). Festival yang diselenggarakan hingga 22 Februari 2012 ini, untuk membuka peluang bagi kelompok teater remaja dalam ranah seni pertunjukan teater yang lebih dinamis dan kreatif. TEMPO/Aditya Herlambang Putra

TEMPO.CO, Bandung-Festival Teater Remaja se-Indonesia akan digelar di Bandung, Jawa Barat. Acara tersebut digelar Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada 3-7 Juli 2013 di Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung.

Ketua Panitia Edi Irawan mengatakan, acara itu bakal memakan dana Rp 4 miliar. Dana paling besar tersedot untuk biaya transportasi dan akomodasi peserta. "Kami tanggung semua biaya angkutan juga tiket pesawat serta hotel bagi 500 orang peserta," ujarnya kepada Tempo di STSI Bandung, Kamis, 4 Juli 2013. Selama acara, panitia menyiapkan 6 hotel untuk penginapan peserta festival.

Festival Teater Remaja se-Indonesia ini diikuti 32 kelompok teater. Tiap kelompok dibatasi hanya 14 orang. Mereka adalah wakil teater remaja terbaik dari tiap provinsi dengan kriteria antara lain, sanggarnya minimal telah berdiri selama 5 tahun, masih aktif berteater, dan meraih banyak penghargaan di provinsi masing-masing. 

Pemilihan peserta juga berdasarkan saringan tim kurator, yang diawaki antara lain oleh Jose Rizal Manua, Erry Anwar, dan Arthur S Nalan. Panitia menyediakan belasan kategori pemenang dengan hadiah uang berkisar Rp 2,5 juta hingga Rp 7,5 juta.

Edi mengatakan, festival teater remaja ini merupakan agenda acara ketiga berskala nasional tahun ini.  Kepala Sub Direktorat Pembinaan Seni dan Pertunjukan Direktorat Kesenian dan Perfilman itu mengatakan Kemendikbud juga  menggelar Festival Tari Kreasi Baru untuk anak-anak di Surabaya, serta Festival Musik Pop Etnik di sebuah stasiun televisi di Jakarta. Kedua acara tersebut berlangsung 27-29 Juni 2013. "Tahun depan akan kami lanjutkan dan kembangkan lagi segmen lombanya," kata Edi.

ANWAR SISWADI


Berita Terpopuler:

Empat Alasan Presiden Mesir Digulingkan
Presiden Mesir Digulingkan, Rakyat Berpesta
Ini Kisah Tukang Ojek Novi Amilia
BNN: Novi Amilia Positif Gunakan Sabu 
Kopassus Penyerang Cebongan Dinilai Bukan Kesatria 

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/07/04/113493603/Festival-Teater-Remaja-se-Indonesia-Siap-Digelar