Kamis, 28 November 2013

Beranda » » Membaca Teks di Festival Teater Jakarta 2013

Membaca Teks di Festival Teater Jakarta 2013

TEMPO.CO, Jakarta - Dewan Kesenian Jakarta kembali menggelar Festival Teater Jakarta (FTJ) yang tahun ini memasuki tahun ke-41 dalam sejarah penyelenggaraannya. Pergelaran tahun ini mengusung tema Membaca Teks yang merupakan bagian akhir dari tema besar Membaca Laku, Membaca Aku.

"Dengan tema ini kita ingin melihat bagaimana hubungan teater dengan masyarakat," ujar Dewi Noviami, Ketua Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta dalam konferensi pers di Toko Roti Tan Ek Tjoan, Cikini, Selasa, 25 November 2013. Dua tahun sebelum ini, masih dalam tema besar yang sama, FTJ digelar dengan subtema Membaca Lingkungan dan Membaca Tradisi.

FTJ akan dibuka pada 1 Desember mendatang dengan pertunjukkan teater piktorial Drama dalam Kepala Sudjojono yang disutradarai Irwan Jamal. Pada hari pertama, digelar juga workshop bertema kritik teater oleh Seno Joko Suyono.

Selanjutnya, pada 2-10 Desember, akan digelar pertunjukkan dari 18 peserta lomba teater FTJdi Taman Ismail Marzuki. "Satu hari akan digelar pertunjukkan dari dua grup, masing-masing durasinya tidak boleh lebih dari dua jam," ujar Manahan Hutauruk, Project Officer FTJ 2013.

Ia menambahkan, setiap hari dua pertunjukan akan digelar, yakni pada pukul 15.30 dan 20.00.

Tahun ini, dewan juri yang akan menilai para peserta antara lain Nano Riantiarno, Benny Johanes, Afrizal Malna, Dolorosa Sinaga, dan Putu Fajar Arcana.

"Pada setiap akhir pertunjukan akan diadakan diskusi dengan dewan juri," ujar Manahan.

Selain itu beberapa kegiatan lain yang disertakan dalam festival ini antara lain Indonesia Dramatic Reading Festival, diskusi, dan peluncuran buku.

RATNANING ASIH

Source : http://id.berita.yahoo.com/membaca-teks-di-festival-teater-jakarta-2013-152633095.html