Rabu, 25 September 2013

Beranda » » Jokowi Akan Buat Pentas Seni Internasional

Jokowi Akan Buat Pentas Seni Internasional

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta akan menyelenggarakan pertunjukan seni bertaraf internasional bertajuk `Jakarta International Performing Art (JAKIPA)` pada Sabtu-Minggu, 28-29 September 2013 di Monumen Nasional, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mengedukasi masyarakat dan mengapresiasi seni pertunjukkan sekaligus membangun citra Kota Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan budaya.

"Kita ingin mengajak masyarakat untuk mengapresiasi sebuah seni tari, seni musik, seni tradisi, yang nanti ada pembandingnya dari negara-negara lain seperi Belarusia, Jerman, Amerika, dan Vietnam," kata dia di Balaikota, Jakarta, Rabu 25 September 2013.

Selain dari negara-negara lain, kata Jokowi, pertunjukan ini juga memberikan ruang untuk seni Nusantara seperti dari Jogja yang menampilkan Acapella Mataraman, dari Ponorogo menampilkan reognya yang sudah melegenda, Tari Sakya Kitri dari Palembang, Tari Melintang dari Lampung, Wayang Kampung Sebelah dari Sukoharjo, dan masih banyak lainnya.

Masyarakat tak perlu khawatir mengenai tiket masuk untuk menyaksikan pertunjukan ini, karena tidak dipungut biaya. "Ini baru pertama kalinya, dan gratis!" seru Jokowi.

Menurut mantan Walikota Solo ini, acara ini nantinya rutin diadakan setiap tahun sebagai upaya menggerakkan pariwisata, seni, dan budaya. "Ada sebuah ruang publik, ya kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa dilihat masyarakat, di apresiasi masyarakat, hiburan masyarakat, serta saya kira penghargaan terhadap seni budaya," tuturnya.

Even budaya dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Dunia ini melibatkan 350 seniman dari dalam dan luar negeri yang menampilkan berbagai seni pertunjukan tradisional maupun kontemporer.

Nantinya, juga ada kolaborasi antara musisi jazz asal Amerika Craig Burton dengan grup musik Grambang Kromong yang akan menampilkan harmonisasi musik ciamik.

LINDA TRIANITA

Berita Lain:
Dewi Perssik Main Film Ratu Pantai Selatan
Kata Anjasmara Soal Peran Soekarno
Alexandra Asmasoebrata Tak Dikenal di Konser Yovie

Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/09/25/219516461/Jokowi-Akan-Buat-Pentas-Seni-Internasional