Jumat, 27 September 2013

Beranda » » Ratna Sarumpaet Bela Hanung Bramantyo

Ratna Sarumpaet Bela Hanung Bramantyo

Kamis, 26 September 2013 23:26 wib
Egie Gusman - Okezone

Hanung Bramantyo (Foto: Johan/Okezone)

Hanung Bramantyo (Foto: Johan/Okezone)

JAKARTA - Sutradara film dan teater, sekaligus aktivis HAM Ratna Sarumpaet membela Hanung Bramantyo sebagai sutradara film Soekarno: Indonesia Merdeka! dalam memilih aktor yang akan memerankan tokoh Soekarno.
 
Hanung saat ini mendapat tentangan dari putri proklamator, Rachmawati Soekarnoputri karena Hanung bersikukuh memilih aktor Aryo Bayu sebagai pemeran Soekarno. Sedangkan Rachmawati menginginkan aktor Anjasmara memerankan presiden pertama Republik Indonesia.
 
Ratna Sarumpaet mengatakan, dalam menentukan pemeran merupakan hak preogatif sutradara. "Mau nanya jungkir balik ke republik mana pun, tetap itu merupakan hak sutradara," kata Ratna saat dijumpai di Jakarta, Kamis (26/9/2013).
 
Ratna juga menyarankan pihak keluarga besar Soekarno untuk menyetujui keinginan Hanung yang sudah memilih Aryo Bayu.
 
"Keluarga harus terima. Soekarno diangkat ke film bukan ingin mempertontonkan keluarga, tapi film itu ingin mengangkat Soekrano sebagai bapak pendiri bangsa. Soekarno ini jadi milik seluruh rakyat Indonesia, milik publik," ujarnya.
 
Dia menambahkan, "Film itu harus ditayangkan. Tidak semua rakyat Indonesia, khususnya kaum muda tahu sejarah panjang Soekarno dalam mendirikan negara ini."
 
Sebelumnya, Rachmawati sudah melaporkan Hanung Bramantyo ke Polda Metro Jaya karena Rachmawati merasa Hanung telah mencemarkan nama baik dirinya.

Kuasa hukum Rachmawati, Ramdan Alamsyah, mengatakan jika Hanung telah mencemarkan nama baik kliennya setelah Hanung menyebutkan Rachmawati hanya mencari popularitas membuat kisruh pembuatan film ini.
 
Sutradara Ayat-Ayat Cinta itu sendiri dilaporkan menggunakan Pasal 310 KUHP dengan ancaman hukuman di bawah lima tahun penjara.

(tre)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry

Source : http://celebrity.okezone.com/read/2013/09/26/206/872583/ratna-sarumpaet-bela-hanung-bramantyo