Rabu, 08 Oktober 2014

Beranda » » Seniman 63 Tahun 'Nikahi' Makhluk Halus Besok  

Seniman 63 Tahun 'Nikahi' Makhluk Halus Besok  

TEMPO.CO, Jakarta - Aksi seni kejadian (happening art) yang unik akan digelar di Ngawi, Jawa Timur. Di kota tersebut, akan digelar prosesi seni pernikahan antara seniman Prawoto Mangun Baskoro alias Bagus Kodok Ibnu Sukodok (63 tahun) dan peri Rara Setyowati. Asal tahu saja, Rara Setyowati bukanlah manusia, melainkan mahluk halus. (Baca juga: Seniman Didong Malam Ini 'Duel' di Senayan)

Melalui keterangan tertulis, Bagus Kodok mengatakan happening art "pernikahan gaib" ini akan digelar pada Rabu, 8 Oktober 2014, di halaman rumah tua di Desa Sekaralas, Kecamatan Widodaren, Ngawi. Pernikahan Bagus Kodok dengan Rara Setyowati dimulai dengan upacara siraman oleh Suprapto Suryodharmo dan Kiai Kaelani Jaelani. (Baca juga: Refleksi 10 Tahun Munir Bakal Diisi Pentas Seni)

Disela dengan pentas seni sahabat pengantin pria dan waktu shalat magrib, acara pernikahan dilanjutkan dengan prosesi temu, yang akan didukung oleh banyak seniman, antara lain Jemek Supardi, Cempe Lawu Warta, Oppie Andaresta, Anto Baret KPJ, dan Djoko Pekik.

Kepada Tempo, Djoko Pekik mengatakan akan menghadiri acara happenig art tersebut. Menurut pelukis asal Yogyakarta ini, happening art ini bakal menjadi pementasan yang menarik. "Acara ini pasti menarik walau saya belum tahu konsepnya akan seperti apa," kata dia, Selasa, 7 Oktober 2014. (Baca juga: Jakarnaval 2014 Usung Tema Keajaiban Topeng)

Selain para seniman, "pernikahan" ini akan dihadiri beberapa tokoh nasional, misalnya Prof Dr M.A.S. Hikam, M. Sobary, Dede Oetomo, dan Eros Djarot. Namun, mereka kemungkinan tidak akan hadir secara fisik, melainkan akan "njagong" secara batin. Bahkan, Bagus Kodok mengatakan presiden terpilih Joko Widodo dan istrinya, Iriana, juga akan hadir secara batin.

ODELIA SINAGA | FERY FIRMANSYAH

Berita Terpopuler

Dari Harvard, Karen Mau Bantu Jokowi

Pertamina: Impor Lewat Petral Cuma Strategi Bisnis

Bisnis Gurih Kilang Mini

Source : https://id.berita.yahoo.com/seniman-63-tahun-nikahi-makhluk-halus-besok-110504339.html