Senin, 05 Agustus 2013

Beranda » » Tradisi Unik Lebaran di Keluarga Alika Islamadina

Tradisi Unik Lebaran di Keluarga Alika Islamadina

TEMPO.CO, Jakarta--Memiliki orang tua yang berasal dari dua suku berbeda, membuat penyanyi Karis Alika Islamadina harus mengagendakan rencana mudik ke Bandung dan Jogja saat Idul Fitri nanti.

Saat ditemui di daerah Senayan beberapa waktu lalu, mantan personil girlband Princess ini begitu antusias menceritakan suasana lebaran yang biasanya dilakukan oleh keluarganya di Bandung dan Jogja. »Hari pertama shalat Id di Jakarta, hari keduanya baru ke Bandung soalnya keluarga nenek dari ibu ada di Bandung," paparnya. Pada hari ketiga Alika dan keluarga baru berangkat ke Jogja untuk menemui keluarga dari pihak ayahnya.

Ada dua tradisi berbeda yang dilakukan keluarga besarnya Alika baik itu di Bandung maupun di Jogja. »Tradisi keluarga di Bandung itu karaoke sepanjang hari," serunya. »Soalnya keluarga di Bandung pada suka nyanyi," tambahnya lagi. Lain dengan kegiatan di Bandung, saat di Jogjakarta yang berlangsung adalah tradisi bagi ampau yang cukup unik. »Di keluarga Jogja ada tradisi bagi ampau dengan penuh ketata-aturan," sahut Yuanita Rohali, mamanya Alika.

Yuanita menambahkan bahwa hal yang membedakan tradisi bagi-bagi ampau tersebut dengan yang lain karena tradisi di keluarga begitu meriah. Tradisi dilakukan berdasarkan susunan keluarga. »Masing-masing keluarga berjejer sesuai dengan urutan kelahiran. Lalu masing-masing bergaya sesuai dengan gimmick-gimmick yang khas. Kocak pokoknya," katanya.

AISHA

Terhangat:

Mudik Lebaran | Ahok vs Lulung | Capres 2014

Baca juga:

Sesumbar, Vanny Rossyane Didukung Denny Indrayana

Empat Kota Indonesia, Kandidat Kota Kreatif Unesco

Sophia Latjuba, Yakin Jodoh Segera Datang

Source : http://id.berita.yahoo.com/tradisi-unik-lebaran-di-keluarga-alika-islamadina-205525288.html