Selasa, 15 Oktober 2013

Beranda » » Film About Time, Mencari Cinta di Dimensi Waktu  

Film About Time, Mencari Cinta di Dimensi Waktu  

TEMPO.CO, Jakarta - Sehari setelah perayaan malam tahun baru di rumahnya, mengantarkan Tim (Domnhall Gleeson) pada sebuah perubahan dalam hidupnya. Sang ayah (Bill Nighy), memberitahunya sebuah rahasia besar tentang kemampuan yang dimiliki anggota keluarga laki-laki di keluarga besarnya. Sang ayah yang merupakan pensiunan dosen bercerita bahwa ia dan juga ayahnya (kakek Tim) dapat menjelajahi waktu, dan hal tersebut juga berlaku bagi Tim.

Hanya dengan memasuki sebuah ruangan gelap dan berkonsentrasi ingin pergi pada waktu tertentu, maka Tim dapat berada di sana dalam sekejap. Hal itu digunakan pula oleh Tim untuk mengulang beberapa masa lalunya dan juga untuk mencari kekasih, hingga akhirnya ia bertemu dan mendapatkan Marry (Rachel Mc Adams) lewat beberapa kali pengulangan waktu.

Bijaknya sang ayah menitipkan pesan padanya untuk tidak menggunakan kemampuan tersebut untuk mengumpulkan harta, »Aku tidak pernah melihat ada orang yang kaya dapat hidup bahagia," tutur sang ayah dalam salah satu adegan saat Tim berseloroh untuk memasuki ruang waktu dan mengumpulkan banyak uang.

Memiliki kemampuan dapat menjelajah waktu dan mengulang beberapa momen untuk diperbaiki, tidak lantas membuat Tim jadi serakah atau lupa pada kepentingan pribadi maupun orang lain. Tim cukup bijak memanfaatkan kemampuan tersebut seperti saat menyelamatkan pertunjukan teater milik Harry (Tom Hollander), sahabat ayahnya. Atau saat Tim ingin menyelamatkan Kit-kat (Lydia Wilson), adik satu-satunya, dari kecelakaan yang nyaris merenggut nyawanya.

About Time, merupakan sebuah film drama romantis dan juga penuh humor, yang diracik dengan kisah perjalanan menelusuri waktu. Tidak ada unsur fiksi ilmiah yang berat dalam film ini. Menelusuri waktu menjadi sebuah bagian menarik tersendiri dalam film ini, seperti saat Tim berulang kali mengulang sebuah peristiwa agar menjadi sempurna.

Film ini sukses menciptakan suasana kehangatan dalam sebuah keluarga secara utuh, antara ayah dan anak laki-lakinya, antara sepasang kekasih yang menjadi sepasang suami istri. Chemistry pun terbangun antara Gleeson dan Nighy, begitu pun dengan Gleeson dan Rachel Mc Addams, yang terasa begitu natural sehingga kisah dan dialog sepanjang film terasa begitu menyentuh.

Richard Curtis, sebagai sutradara dan juga penulis naskah, sukses meramu cerita drama yang dapat membuat penonton turut tertawa dan bahagia mengikuti perjalanan hidup Tim. Setidaknya film ini juga mengiaskan bahwa dalam hidup yang sekali ini selalu membutuhkan keputusan-keputusan besar. Ada yang patut kita perjuangkan, ada pula yang patut kita tinggalkan, dan tidak perlu lama-lama untuk melihat ke belakang.

Judul FIlm: Abou Time

Tahun Produksi: 2013

Durasi: 123 mins

Sutradara: Richard Curtis

Pemain: Bill Nighy, Domhnall Gleeson, Lindsay Duncan, Rachel McAdams, Tom Hollander

AISHA

Source : http://id.berita.yahoo.com/film-time-mencari-cinta-di-dimensi-waktu-061345115.html