Sabtu, 03 Mei 2014

Beranda » » Bali Writers Festival Diikuti Penulis Muda Australia

Bali Writers Festival Diikuti Penulis Muda Australia

TEMPO.CO, Denpasar - Event Bali Emerging Writers Festival (BEWF) kembali digelar pada 3-4 Mei 2014 di Denpasar. Tahun ini diwarnai dengan kehadiran penulis muda berbakat Australia, Luke Ryan.

»Saya senang bisa hadir dan bukan hanya untuk bermabuk-mabukan dengan orang Australia lainnya di sini," kata Luke. Kehadiran Luke dibiayai oleh Melbourne Emerging Writers Festival, yang bekerja sama dengan BEWF untuk saling bertukar penulis muda.

Luke akan meluncurkan bukunya »A Funny Thing Happened on The Way to Chemo", yang berkisah tentang pengalamannya sebagai seorang penderita kanker dan sudah dua kali dioperasi dan menjalani kemoterapi. Selain sebagai penulis, dia juga adalah seorang komedian. Salah satu pertunjukannya pada Melbourne International Comedy Festival adalah Luke's Got Cancer pada 2013.

Adapun sebagai balasan, BEWF akan mengirim Ni Ketut Sudiani, penyair dan penulis muda dari Bali yang akan berangkat ke Australia pada Mei nanti. Sudiani sudah menyiapkan sebauh novel pendek berdasarkan pengalamannya mengikuti pertukaran pemuda dimana ia bersama sejumlah rekan dari Kanada sempat tinggal di negara itu serta di pedalaman Kalimantan.

BEWF tahun ini menghadirkan pula sejumlah penulis senior seperti Anwar Fuady, yang tenar dengan novel Negeri Lima Menara. »Diharapkan akan bertukar pengalaman dan memberi tips praktis menulis novel yang bisa menjadi best seller," kata Gustra Adnyana, koordinator program BEWF. Selain itu, tampil pula Debra Yatim, yang dikenal sebagai aktivis gerakan sosial. Ia akan memberikan wawasan mengenai pengalaman memanfaatkan tulisan dan mengembangkan aksinya.

Dari kalangan anak muda, penulis yang tampil antara lain Indra Parusha (aktor dan penulis naskah theater), Putu Aditya Nugraha (penyair dan pemrakarsa komunitas malam puisi yang sudah menyebar di 36 kota di Indonesia, serta Rara Sekar (ativis pemenang Ahoka Young Changemaker 2012).

ROFIQI HASAN

Berita lain:

Begini Hukum Islam Versi Brunei

Panglima TNI Sidak Markas Kopassus, Ada Apa?

Pria Australia Mengaku Lihat Puing MH370 di Bali

Bailout 6,7 T, Sri Mulyani: Saya Bisa Mati Berdiri

Minum di Ruang Sidang, Sri Mulyani Ditegur Hakim

Arkeolog Inggris Temukan Puing MH370 di Vietnam

Resep Meredam Tiki-Taka Ditemukan

Source : https://id.berita.yahoo.com/bali-writers-festival-diikuti-penulis-muda-australia-011231696.html