Minggu, 25 Mei 2014

Beranda » » Film Turki Menangi Palem Emas Cannes 2014

Film Turki Menangi Palem Emas Cannes 2014

TEMPO.CO, Jakarta - Film Turki, Kis Uykusu (Winter Sleep), karya sutradara Nuri Bilge Ceylan memenangi Palme d'or atau Hadiah Palem Emas Festival Film Cannes 2014. Pemenang film terbaik ini diumumkan oleh sutradara pemenang Palem Emas 1994, Quentin Tarantino, dan aktris Umma Thurman.

»Saya sungguh tak menyangka," kata Nuri Bilge Ceylan. Ini kemenangan kedua Ceylan di Cannes. Sebelumnya, dalam Festival Cannes 2008, ia dinobatkan sebagai sutradara terbaik untuk film Uc Maymun (Tiga Ekor Monyet).

Winter Sleep adalah film sepanjang 3 jam 16 menit yang secara cerdas memasuki kerumitan hubungan keluarga Aysin (Haluk Bilginer), seorang bekas aktor setengah baya, dan istrinya yang lebih muda, Nihal (Melisa Sozen). Film ini memang sejak awal dijagokan bersama film Rusia, Leviathan (Andrey Zvyagintsev)

Hadiah Grand Prix untuk film terbaik sesudah pemenang Palem Emas dimenangi Le Meraviglie karya sutradara perempuan Italia, Alice Rohrwacher.

Adapun Hadiah Juri diberikan kepada dua film karya dua sutradara dari dua generasi. Yakni film Mommy karya sutradara termuda dari Kanada, Xavier Dolan, yang baru berusia 25 tahun, dan Adieu Au Langage karya empu Nouvelle Vague Prancis-Swiss, Jean Luc Godard, yang berusia 83 tahun.

Film yang banyak dijagokan–termasuk oleh Tempo–adalah Leviathan karya sutradara Rusia, Andrey Zvyagintsev. Film ini mendapat hadiah untuk skenario terbaik bagi Oleg Negin dan Andrey Zvyagintsev.

Adapun film kuat lainnya, Foxcatcher, mendapatkan kemenangan untuk penyutradaraan terbaik bagi Bennett Miller. Aktris Amerika Julianne Moore mendapat gelar aktris terbaik untuk perannya sebagai Havana Segrand dalam film rumit karya sutradara nyeleneh Kanada, David Cronenberg.(Baca: Disebut Bajingan, Quentin Tarantino Tetap Santai.) Moore mengalahkan Marion Cotillard, yang banyak dijagokan dalam peran sebagai Sandra dalam film karya Dardenne bersaudara, Trois Jours Une Nuit.

Sedangkan aktor terbaik, persis sebagaimana dijagokan banyak orang, jatuh ke tangan Timothy Spall yang gemilang sebagai pelukis JMW Turner dalam film Mr Turner karya empu Inggris, Mike Leigh.

Juri kategori kompetisi Cannes 2014 diketuai sutradara perempuan Selandia Baru pemenang Palme d'or 1993, Jane Campion. (Baca: Film Pertama Brunei di Cannes 2014)

Dalam acara penutupan yang berlangsung di gedung Lumiere, yang dipenuhi 2.300 hadirin, diumumkan juga pemenang-pemenang kategori lain. Palme d'or untuk film pendek terbaik jatuh kepada Leidi karya sutradara Kolumbia, Simon Mesa Soto. Adapun Camera d'or untuk karya pertama terbaik dimenangi oleh film Party Girl karya trio sutradara Prancis, Marie Amachoukeli, Claire Burger, dan Samuel Theis.

Sedangkan para pemenang kategori Un Certain Regard, sebagaimana tradisinya, sudah diumumkan sehari sebelum pengumuman pemenang Palme d'or.

GING GINANJAR (CANNES)

Berita Terpopuler

Dukung Prabowo, Ayu Azhari: Pilih yang Ganteng

Tragedi Pesawat MH370 Akan Difilmkan 

Piyu Ragukan Jokowi-JK

Film Pertama Brunei di Cannes 2014

Source : https://id.berita.yahoo.com/film-turki-menangi-palem-emas-cannes-2014-050853730.html