Kamis, 09 Januari 2014

Beranda » » China Cabut Larangan Penjualan Konsol Game Setelah 14 Tahun

China Cabut Larangan Penjualan Konsol Game Setelah 14 Tahun

Pencabutan larangan awal 2014 ini disambut antusias Sony, namun Nintendo belum memutuskan ikut meramaikan pasar China.

WowKeren.com - China selama ini memang dikenal sebagai negara yang cukup protektif menghadapi gempuran produk eletronik dari luar negeri. Sudah sejak 2000 lalu mereka melarang masuknya konsol game buatan luar negeri ke dalam negaranya. Ini dilakukan untuk mencegah para pemuda kecanduan main game.

Namun akhir-akhir ini pemerintah China sudah mulai bersikap lunak terhadap barang buatan luar negeri. Dilansir dari Reuters, pemerintah mengumumkan perusahaan asing diperbolehkan berinvestasi kembali di zona perdagangan Shanghai dan menjualnya di China usai mendapat izin dari Kementerian budaya.

Hal ini tentu membawa angin segar bagi perusahaan game seperti Microsoft, Sony dan Nitendo. Akhirnya mereka bisa menjual Xbox One maupun PlayStation 4 di negara berpenduduk terbesar di dunia ini. Belakangan ini pasar China memang menjadi incaran perusahaan raksasa seperti Apple.

"Kami sadar bahwa China adalah pasar yang menjanjikan," ujar Satoshi Nakajima, juru bicara Sony Computer Entertainment. "Kami akan terus mempelajari kemungkinan untuk memasarkannya di sana."

Sementara itu, Nintendo yang membesut Wii masih belum tahu apa yang akan dilakukannya nanti mengenai kebijakan ini. "Baik hardware maupun software, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, jadi kita tidak bisa memastikannya dulu," ujar Yasuhiro Minagawa, relation manager Nintendo Jepang.

Namun sepertinya para perusahaan game tersebut akan menemui kendala untuk memasarkan produknya di China. Pasalnya, selama ini warga China terbiasa bermain game gratis atau bajakan yang murah melalui PC maupun seluler. Hal ini tentu menyulitkan karena Xbox One dijual dengan harga tinggi yaitu USD 500 (sekitar Rp 6 juta) dan PS4 seharga USD 400 (sekitar Rp 4,5 juta).

Masyarakat China sendiri juga mengungkapkan merasa kesulitan jika harus membeli game semahal itu. "Untuk membeli game seharga 200 atau 300 Yuan (sekitar Rp 400 -600 ribu) saja sangat susah dan tak terpikirkan oleh pemain normal sepertiku," ujar seorang gamers bernama Yang Anqi.

Patut diketahui, meski dilarang jualan konsol game namun sebenarnya perusahaan besar merakitnya di China. Sony, Nintendo dan Microsoft menyerahkan produksi konsol gamenya pada pabrik Foxconn selama bertahun-tahun. (wk/nn)

Berita Sony terkait :
• Laku 4 Juta Unit, PlayStation 4 Tekuk Xbox One
• Inilah Harga Resmi PlayStation 4 di Indonesia
• Sony Klaim Playstation 4 Sudah Laku 2 Juta Unit
• Sony Jual 1 Juta Unit PlayStation 4 dalam Sehari

Koleksi foto Sony terkini (2 foto):
Sony J-Rocks Saat Tampil di 'HaiDay 2013'
Penampilan Sony J-Rocks di 'Gen Fest 2013'

Source : http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00044700.html