Sabtu, 18 Januari 2014

Beranda » » Malam Ini, Puisi Menolak Korupsi di Serang

Malam Ini, Puisi Menolak Korupsi di Serang

TEMPO.CO, Tangerang -  Malam ini, Sabtu 18 Januari 2014, perhelatan "Puisi Menolak Korupsi" digelar di tanah jawara, Banten. Bertempat di Rumah Dunia, Serang, acara pembacaan puisi akan diramaikan oleh puluhan penyair Indonesia yang tergabung dalam gerakan PMK.

Menurut pengelola Rumah Dunia, Gola A. Gong acara "Puisi Menolak Korupsi" ini akan diawali dengan talkshow bertajuk "Banten Menolak Korupsi" dengan narasumber Ahmadun Herfanda, Dahnil Anzhar, pengamat sosial ekonomi yang juga dosen di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada pukul 20.00-21.00. "Selanjutnya parade pembacaan Puisi Menolak Korupsi kawan penyair dari berbagai daerah dan tokoh masyarakat," ujar Gong.

Koordinator Gerakan "Puisi Menolak Korupsi" Sosiawan Leak kepada Tempo mengatakan, acara di Banten ini merupakan roadshow ke-14 dari berbagai kota di Indonesia. Gerakan ini terus bergulir sejak pertama kali digelar pada pertengahan 2013 lalu di Blitar, Jawa Timur. 

"Para penyair dari berbagai daerah melakukan roadshow dengan biaya sendiri. Kami senafas dalam perjuangan penolakan korupsi di Indonesia," kata Leak. Penyair asal Solo ini menambahkan, untuk roadshow PMK berikut akan digelar pada 25 dan 26 Januari 2014 di Purwokerto, Jawa Tengah, dan selanjutnya pada Februari di Malang Jawa Timur, kemudian menyusul Madura pada Maret 2014.

Gerakan PMK ini telah menelorkan karya antologi puisi bersama bertajuk sama, "Puisi Menolak Korupsi" yang ditulis oleh sekitar 200-an penyair Indonesia. Bahkan antologi puisi jilid dua dibahas secara khusus di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta. Pada saat itu, para pimpinan KPK seperti Ketua Abraham Samad, Busro Muqodas dan Bambang Widjojanto turut membacakan puisi yang termaktub dalam antologi tersebut.

AYU CIPTA

Source : http://id.berita.yahoo.com/malam-ini-puisi-menolak-korupsi-di-serang-061755255.html