Minggu, 08 Desember 2013

Beranda » » Lima Film Terbaik FFI Laris di Pasaran

Lima Film Terbaik FFI Laris di Pasaran

TEMPO.CO, Jakarta - Remy Silado, salah satu juri FFI, mengatakan bahwa lima film yang masuk nominasi memiliki kwalitas bagus dari berbagai aspek penilaian. Semuanya layak mendapatkan piala citra. Namun, beberapa saat sebelum pemberian anugerah, tim juri harus menentukan satu di antara yang terbaik.

Menurut dia, kwalitas FFI tahun ini lebih bagus dari tahun sebelumnya, bahkan mirip dengan penyelenggaraan Piala Oscar. Di Amerika, film penerima Piala Oscar selalu laris di pasaran. Tidak seperti film Indonesia era 1980-an. Pada era itu, film penerima anugerah Piala Citra belum tentu laris di pasar. "Kali ini, lima nomine FFI tahun ini, semuanya laris di pasaran."

Adapun lima film yang masuk nomine, adalah Sang Kiai, Belenggu, 5 Cm, Laura dan Marsha, serta Habibie dan Ainun.

Sementara artis Eros Djarot mengatakan, penyelenggaraan Festival Film Indonesia harus terus ditingkatkan. "FFI jangan hanya rutinitas, tapi harus diikuti dengan diskursus-diskursus lain," katanya saat ditemui sebelum malam anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2013, Sabtu 7 Desember 2013.

Menurut dia, tidak perlu menggunakan penilaian apakah FFI tahun ini lebih baik atau tidak. Dia mengatakan, ada orang yang mau menyelenggarakan FFI, itu lebih penting. Sebab, film itu memiliki peran yang sangat penting. "Amerika misalnya, secara sadar menjadikan film untuk propaganda, mengubah perilaku, mencuci otak, dan sebagainya. Apa yang dilakukan pemerintah kita belum sampai ke arah situ."

Sedangkan aktor lain, Lukman Sardi mengatakan, zaman dulu FFI adalah baromater supremasi perfilman nasional. "Dulu, FFI selalu dinanti. Nah, sekarang panitia harus berusaha mengembalikan kwalitas FFI seperti tahun 1980-an."

Meski ada festival perfilman lain, menurut Lukman, FFI harus menjadi supremasi perfilman nasional. "Karena sejarahnya memang begitu."

Satu hal yang menjadi ganjalan, menurut Lukman, mestinya piala Citra harus dikembalikan pada bentuk aslinya. Sejak lima tahun lalu, bentuk Pilala Citra sudah berubah. "Mestinya dikembalikan sesuai piala Citra yang dulu, karena ini soal sejarah. Oscar tak pernah berubah."

SOHIRIN


Berita lain:
Lagi, Beredar Foto Mesra Ariel-Sophia di Stasiun  
Kutang Lancip Agnes, Indah tapi Berbahaya
Wanita-wanita di Sekeliling Ariel 
Sophia Latjuba, dari Foto Topless hingga Produser
Setelah Tabrakan, Paul Walker Bertahan Beberapa Detik
Tweet Romantis Ariel Setelah Foto Mesra Beredar
Puing Porsche Paul Walker Jadi Sasaran Pencuri  


Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/12/07/111535493/Lima-Film-Terbaik-FFI-Laris-di-Pasaran